Skripsi
KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK BERPENDAKATAN BEHAVIOR TERHADAP PENINGKATAN RASA EMPATI ANTAR TEMAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH WANASARI KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2018/2019
HAQ, AKHMAD ARINAL. 2019. “Keefektifan Bimbingan Kelompok Berpendakatan Behavior terhadap Peningkatan Rasa Empati Antar Teman pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Muhammadiyah Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Drs. Sukoco KW, M.Pd., Pembimbing II: Renie Tri Herdiani, M.Pd.
Kata Kunci: Keefektifan, bimbingan kelompok berpendekatan behavior, dan rasa empati.
Rasa empati peserta didik yang rendah dapat menyebabkan banyaknya perselisihan di kelas. Pada kenyataannya banyak para peserta didik yang acuh tak acuh antara teman yang satu dengan yang lainnya, bahkan mereka saling mengejek dengan bahasa yang menyinggung perasaan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) tingkat rasa empati antar teman sebelum diberikan bimbingan kelompok berpendakatan behavior pada peserta didik, 2) tingkat rasa empati antar teman sesudah diberikan bimbingan kelompok berpendakatan behavior pada peserta didik, dan 3) apakah bimbingan kelompok berpendakatan behavior efektif terhadap peningkatan rasa empati antar teman pada peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian pre-experimetal design dengan pre-test and post-test one group. Populasi penelitian 44, sampel penelitian 16. Alat pengumpulan data berupa: angket, interview, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian diuji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dari Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase dan Statistik Uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat rasa empati antar teman peserta didik sebelum diberikan bimbingan kelompok berpendekatan behavior mayoritas dalam kategori sangat rendah (43,75%), terlihat dari frekuensi tertinggi skor angket pre-test pada interval 96-101 sebanyak 7 peserta didik, 2) Tingkat rasa empati antar teman peserta didik sesudah diberikan bimbingan kelompok berpendekatan behavior mayoritas dalam kategori tinggi (50,00%), terlihat dari frekuensi tertinggi skor angket post-test pada interval 108-113 sebanyak 8 peserta didik, dan 3) Ada keefektifan bimbingan kelompok berpendekatan behavior terhadap peningkatan rasa emati atas teman pada peserta didik kelas VIII MTs. Muhammadiyah Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2018/2019, terbukti hasil analisis Uji-t dengan desain pre-test and post-test one group, diperoleh thitung = 4,038 dan ttabel = 2,131. Jadi thitung > ttabel (4,038 > 2,131), maka Ho ditolak dan hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima.
Diharapkan pihak sekolah dapat mengevaluasi pelaksanaan bimbingan kelompok di sekolah dan memberikan tambahan referensi pada kepala sekolah sebagai pengambil kebijakan dalam memberikan rekomendasi terkait pelaksanaan bimbingan kelompok berpendekatan behavior dalam upaya meningkatkan rasa empati peserta didik.
11145000650 | HAQ k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain