Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN OUT DOOR UNTUK MENINGKATKAN IMAJINASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DUKUHWARU TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Susanti, Indari. 2018. “Keefektifan Metode Pembelajaran Out Door untuk Meningkatkan Imajinasi Siswa dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhwaru Tahun Pelajaran 2017/2018.” Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I: Dra.Sri Mulyati, M.Pd.
Pembimbing II: Vita Ika Sari, M.Pd.
Kata Kunci: Keterampilan menulis puisi, metode out door.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode out door terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhwaru Tegal tahun pelajaran 2017/2018.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhwaru yang berjumlah 327 siswa dari 9 kelas. Dari jumlah populasi tersebut kemudian diadakan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik pengambilan sampel simple ramdom sampling sehingga memperoleh dua kelas dari jumlah populasi yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Terdapat dua variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas berupa metode pembelajaran out door, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil pembelajaran menulis puisi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa tes hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif menggunakan uji statistik yaitu uji t non independen dan uji t independen.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan menulis puisi dengan menggunakan metode pembelajaran out door. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil perbandingan antara hasil pretest dan postest antara kedua kelas tersebut. Hasil pretes pada kelas eksperimen dalam menulis teks berita siswa memperoleh rata-rata 65,11, sedangkan untuk post testsebanyak 78,33. Peningkatan menulis puisi pada siswa dapat dilihat dari hasil post test yang mengalami peningkatan sebanyak 13,33. Pada kelas kontrol penulisan teks berita untuk pre test siswa memperoleh rata-rata 60,44 sedangkan untuk post testnya yaitu 72,33.Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung ≥ ttabel atau = 4,27 ≥ 1,67 yang berarti hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang artinya metode pembelajaran out door efektif dalam pembelajaran menulis puisi pada kelas VIII SMP Negeri 1 Dukuhwaru Tegal.
15145000450 | SUS k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain