Skripsi
PENGARUH PERILAKU APARATUR PEMERINTAH TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL
Nama : Devi Octaviani NPM : 2114500029 Judul : “Pengaruh Perilaku Aparatur Pemerintah Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal”.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui bagaimana perilaku aparatur pemerintah di Kantor Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal. (2) Untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh perilaku aparatur pemerintah terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal.
Tipe penelitian bersifat asosiatif dengan bentuk hubungan kausal yang dimaksudkan guna mencari Pengaruh Perilaku Aparatur Pemerintah Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dalam penelitian kuantitatif ini menggunakan analisis rank spearman corralation, uji validitas dan reliabilitas, serta uji signifikan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Berdasarkan hasil penelitian di ketahui bahwa perilaku tergolong baik. Di buktikan dengan nilai skor variabel X (perilaku) yaitu sebesar 2566 dengan menggunakan rentang skala, skor tersebut berada pada kategori baik yaitu pada rentang skala 2550 – 3149, dengan skor minimum 750 dan skor maksimum 3750. (2) Berdasarkan hasil penelitian di ketahui juga bahwa kualitas pelayanan publik di kecamatan lebaksiu tergolong baik, dibuktikan dengan nilai skor variabel Y (kualitas pelayanan publik) yaitu sebesar 2898 dengan menggunakan rentang skala, skor tersebut berada pada kategori baik yaitu berada pada rentang skala 2805 – 3464 dengan skor minimum 825 dan skor maksimum 4125. (3) Hasil uji korelasi menunjukan adanya pengaruh perilaku aparatur pemerintah terhadap kualitas pelayanan publik di Kecamatan Lebaksiu. Hal ini ditunjukan dari hasil analisis rho hitung 0,626 > rho tabel dengan taraf signifikan 5% atau 0,227 dan taraf signifikan 1% atau 0,297 dengan nilai rs- 0,626 tergolong dalam katagori kuat karena berada pada interval 0,60-0,79. Denagn demikian hipotesis penelitian diterima. Adapun besar pengaruh perilaku aparatur pemerintah terhadap kualitas pelayanan publik di Kecamatan Lebaksiu dapat dilihat melalui hasil perhitungan koefisien determinasi (KD) yaitu sebesar 39,1%.
Kata Kunci : Pengaruh Perilaku, Kualitas Pelayanan Publik
21145000290 | OCT p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain