t1/2 ? yaitu 60,97 > 1,980, jadi yang benar adalah H1 (variabel X dan variabel Y berkorelasi) dengan kata lain semakin meningkat pelayanan akan meningkatkan pula kepuasan pelanggan. Hasil persentase pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di PT. Telkom Batang adalah 95,1%, yang berarti bahwa 95,1% keragaman total variable kepuasan di sekitar rata-ratanya dijelaskan oleh hubungan antara pelayanan dengan kepuasan pelanggan. Sedangkan sisanya sebesar 4,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dapat dijelaskan. Saran dalam penelitian ini kepala PT. Telkom Batang, agar lebih memberi dorongan kepada para pegawai untuk memaksimalkan pelayanan sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan untuk lebih meyakinkan tentang hasil yang diperoleh melalui penelitian ini, perlu diadakan penelitian lanjut pada faktor diluar pelayanan yang mempengaruhi kepuasan pelanggan di PT. Telkom Batang." />
Skripsi
HUBUNGAN PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN TELPON WIRELINE (KABEL)
Nurhadi, Skripsi. 2008. "Hubungan Pelayanan dengan Kepuasan Pelanggan Telpon Wireline (Kabel) di PT Telkom Batang" dibimbing oleh Drs. GUNISTYO, M.Si. dan SUMARNO, SE.
Pelayanan memegang peranan penting dalam menarik pelanggan. Apabila pelanggan puas dengan pelayanan yang diperoleh dari suatu perusahaan maka akan memberikan nilai yang positif bagi perusahaan dan konsumen akan semakin loyal terhadap perusahaan tersebut. Kepuasan merupakan salah satu faktor penentu loyalitas pelanggan. Terciptanya kepuasan pelanggan dapat memberikan beberapa manfaat, diantaranya hubungan antara perusahaan dan pelanggan menjadi harmonis, memberikan dasar yang baik bagi pembelian ulang dan terciptanya loyalitas pelanggan, dan membentuk suatu rekomendasidari mulut ke mulut (Word of mouth) yang menguntungkan bagi perusahaan
Pokok permasalahan penelitian ini adalah "Bagaimana hubungan pelayanan dengan kepuasan pelanggan telpon wireline (kabel) di PT Telkom Batang?". Tujuan dalam penulisan Skripsi ini adalah untuk mengetahui hubungan pelayanan dengan kepuasan pelanggan telepon wireline (kabel) di PT Telkom Batang.
Penelitian dilakukan pada bulan April 2008 di PT. Telkom Batang. Data yang digunakan adalah kuesioner pelayanan dan kepuasan pelanggan. Sample dalam penelitian ini adalah 100 pelanggan telpon wireline (kabel) di PT. Telkom Batang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik Acidental Random Sampling. Jenis penelitian ini penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, interview dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data menggunakan koefisien korelasi, uji signifikansi koefisien korelasi dan koefisien determinasi
Berdasarkan hasil analisis data dan uji hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat dan positif antara pelayanan dengan kepuasan pelanggan di PT. Telkom Batang. Hasil koefisien korelasi sebesar 0,975 termasuk dalam kategori tinggi karena berada pada interval antara 0,800 s/d 1,00. Berdasarkan hasil uji signifikansi juga didapat bahwa H0 ditolak karena t > t1/2 ? yaitu 60,97 > 1,980, jadi yang benar adalah H1 (variabel X dan variabel Y berkorelasi) dengan kata lain semakin meningkat pelayanan akan meningkatkan pula kepuasan pelanggan. Hasil persentase pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di PT. Telkom Batang adalah 95,1%, yang berarti bahwa 95,1% keragaman total variable kepuasan di sekitar rata-ratanya dijelaskan oleh hubungan antara pelayanan dengan kepuasan pelanggan. Sedangkan sisanya sebesar 4,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dapat dijelaskan.
Saran dalam penelitian ini kepala PT. Telkom Batang, agar lebih memberi dorongan kepada para pegawai untuk memaksimalkan pelayanan sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan untuk lebih meyakinkan tentang hasil yang diperoleh melalui penelitian ini, perlu diadakan penelitian lanjut pada faktor diluar pelayanan yang mempengaruhi kepuasan pelanggan di PT. Telkom Batang.
X1200004 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain