t1/2 ? yaitu 60,97 > 1,980, jadi yang benar adalah H1 (variabel X dan variabel Y berkorelasi) dengan kata lain semakin meningkat pelayanan akan meningkatkan pula kepuasan pelanggan. Hasil persentase pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di PT. Telkom Batang adalah 95,1%, yang berarti bahwa 95,1% keragaman total variable kepuasan di sekitar rata-ratanya dijelaskan oleh hubungan antara pelayanan dengan kepuasan pelanggan. Sedangkan sisanya sebesar 4,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dapat dijelaskan. Saran dalam penelitian ini kepala PT. Telkom Batang, agar lebih memberi dorongan kepada para pegawai untuk memaksimalkan pelayanan sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan untuk lebih meyakinkan tentang hasil yang diperoleh melalui penelitian ini, perlu diadakan penelitian lanjut pada faktor diluar pelayanan yang mempengaruhi kepuasan pelanggan di PT. Telkom Batang." />