Skripsi
Hubungan Penguasaan Operasi Bilangan Real dan Kecerdasan Emosional terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Pokok Bahasan Phytagoras Kelas VIII Semester II SMP Al Usmaniyyah Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahu
Mohamad Soleman. 2008. Hubungan Penguasan Operasi Bilangan Real dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Pokok Bahasan Pythagoras Pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP Al-Usmaniyyah Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun 2007/2008.
Kata kunci : Bilangan Real, Kecerdasan Emosional, Pythagoras, Regresi.
Skripsi. Jurusan PMIPA, Program studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Unuversitas Pancasakti Tegal.
Prestasi belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, secara garis besar faktor tersebut dikelompokan dalam dua hal, yaitu faktor dalam dan faktor luar. penelitian ini memfokuskan faktor dalam, yaitu kemampuan mengoperasikan bilangan real dan kecerdasan emosional dengan mengungkapakan suatu permasalahan bagaimana hubungan penguasaan operasi bilangan real dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pokok bahasan Pythagoras pada siswa kelas VIII semester II SMP Al-Usmaniyyah LEBAKSIU kabupaten Tegal tahun pelajaran 2007/2008.
Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan penguasan operasi bilangan real terhadap kemampuan menyelesaikan soal pokok bahasa Pythagoras, mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan menyelesaikan soal pokok bahasa Pythagoras dan untuk mengetahui hubungan penguasan operasi bilangan real dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan menyelesaikan soal pokok bahasa Pythagoras pada siswa kelas VIII semester II SMP Alusmaniyyah LEBAKSIU tahun pelajaran 2007/2008, dan konstribusinya.
Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Usmaniyyah LEBAKSIU yang berjunmlah 65 siswa dan Sampelnya 29 siswa. Data penelitian diambil dengan tes penguasaan operasi bilangan real, tes kecerdasan emosional, dan tes menyelesaikan soal Pythagoras. Analisis data dengan regresi sederhana dan regresi ganda.
Hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi sederhana yang signifikan antara penguasaan operasi bilangan real dengan kemampuan menyelesaiakn soal pokok bahasan Pythagoras, untuk setiap bertambahnya nilai operasi bilangan real maka akan bertambah nilai pythagorasnya. Hubungan tersebut dikategorikan baik. Dari perhitungan juga diperoleh persamaan regresi sederhana yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan menyelesaiakn soal pokok bahasan Pythagoras, untuk setiap bertambahnya nilai kecerdasan emosional maka akan bertambah nilai pythagorasnya. Hubungan tersebut dikategorikan cukup. Dari perhitungan juga diperoleh persamaan regresi ganda yang signifikan antara penguasaan operasi bilangan real dan kecerdasan emosional dengan kemampuan menyelesaiakn soal pokok bahasan Pythagoras, untuk setiap nilai operasi bilangan real dan kecerdasan emosional bertambah maka akan bertambah nilai pythagorasnya. Ini menunjukan ada hubungan yang positif pada penguasan operasi bilanga real dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pokok bahasan pythagoras pada siswa kelas VIII Saemester II SMP Alusmaniyyah lebaksiu tahun pelajaran 2007/2008 dengan kategori baik.
X1300139 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain