Skripsi
PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU DAN DISIPLIN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII SEMESTER 2 SMP SE-KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2007/2008
MUHAMAD SIS. 2009. Pengaruh Kepemimpinan Guru dan Disiplin Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas VII Semester 2 SMP se-Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2007/2008. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Kepemimpinan Guru, Disiplin Siswa, Prestasi Belajar Matematika
Penelitian ini berlatar belakang adanya kepemimpinan guru dalam mengajar tidak sama dan masih rendahnya disiplin siswa yang diterapkan di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) ada tidaknya pengaruh kepemimpinan guru terhadap prestasi belajar matematika kelas VII semester 2 SMP se-Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2007/2008, (2) ada tidaknya pengaruh disiplin siswa terhadap prestasi belajar matematika kelas VII semester 2 SMP se-Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2007/2008, dan (3) ada tidaknya pengaruh kepemimpinan guru dan disiplin siswa terhadap prestasi belajar matematika kelas VII semester 2 SMP se-Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2007/2008.
Dalam penelitian ini yang bertindak sebagai populasi semua siswa kelas VII semester 2 SMP/MTs se-Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2007/2008 berjumlah 709 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik quota sampling dan diambil sejumlah 234 siswa. Metode pengumpulan data berupa metode angket dan dokumentasi. Angket untuk memperoleh data kepemimpinan guru dan disiplin siswa dan dokumentasi untuk memperoleh prestasi belajar matematika. Angket yang telah dibuat telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode untuk analisis data dilakukan dengan analisis regresi sederhana dan ganda.
Hasil dari penelitian ini adalah ada pengaruh kepemimpinan guru terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII semester 2 SMP se-Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2007/2008 pada taraf signifikansi 5 % dengan persamaan regresi = 0,23X1 + 39,36 dan besar sumbangan 4,45%. Ada pengaruh disiplin siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII semester 2 SMP se-Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2007/2008 pada taraf signifikansi 5 % dengan persamaan regresi = 0,28X2 + 34,91 dan besar sumbangan 5,91%. Juga diketahui ada pengaruh kepemimpinan guru dan disiplin siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII semester 2 SMP se-Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2007/2008 pada taraf signifikansi 5 % dengan persamaan regresi = 0,21X1 + 0,26X2 + 21,15 dan besar sumbangan 9,55%. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru berupaya bertindak dalam kepemimpinan di kelas dilakukan secara efektif dan menciptakan disiplin siswa guna meningkatkan hasil belajar matematika yang maksimal.
X1300140 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain