Skripsi
HUBUNGAN EKSTRA KURIKULER KEPRAMUKAAN DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PRODRAM LIFE SKIL SISWA KELAS V SDN RANDUGUNTING 3 TAHUN PELAJARAN 2008/2009
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah ada hubungan yang signifikan antara kegiatan ekstra kurikuler kepramukaan dengan pendidikan karakter dalam Program Life Skill pada Siswa Kelas V SDN Randugunting 3 Tahun Pelajaran 2008/2009" ?
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara Pendidikan Kepramukaan dengan Pendidikan Karakter dalam Program Life Skill pada Siswa Kelas V SDN Randugunting 3. Untuk menjawab permasalahan tersebut diatas, diajukan jawaban sementara (Ha) yaitu "Ada hubungan yang signifikan antara kegiatan ekstra kurikuler kepramukaan dengan Pendidikan Karakter dalam Program Life Skill pada siswa kelas V SDN Randugunting 3 Tahun Pelajaran 2008/2009". Guna membuktikan hipotesis tersebut maka dilakukan penelitian terhadap sampel siswa kelas V sebanyak 40 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes dan angket, data yang telah terkumpul selanjutnya diolah dengan menggunakan analisis Corelation Product Moment. Dari hasil pengolahan data diperoleh angka r - hitung sebesar 0.501, dari hasil ini dapat diketahui bahwa angka r-hitung positif dan mendekati angka 1. Jika di bandingkan dengan r-tabel (df = n -2) diperoleh angka 0.320, maka r-hitung lebih besar dari r-tabel. Jika melihat dari tingkat signifikansi, diperoleh angka sebesar 0.001 yang berarti lebih kecil dari taraf signifikansi yang disyaratkan (0.05). Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima. Kesimpulannya adalah "Ada hubungan yang kuat dan positif antara Kegiatan Ekstra Kurikuler Kepramukaan dengan Pendidikan Karakter Dalam Program Life Skill Siswa Kelas V SD Randugunting 3 Tahun Pelajaran 2008/2009.
Saran yang disampaikan dalam penelitian ini adalah : Bagi Guru, Perlu ditingkatkannya kegiatan proses belajar mengajar, baik dalam mata pelajaran wajib maupun kegiatan ekstra kurikuler terutama dalam hubungannya dengan penanaman karakter siswa sehingga tujuan dalam proses pembelajaran dapat tercapai dengan efektif dan terarah. Bagi Orang tua, hendaknya mau memberikan motivasi, dukungan serta pengawasan kepada anak sehingga diharapkan dapat membentuk kepribadian anak yang mandiri dan berahlak mulia mengingat banyak waktu yang dilewatkan seorang anak dalam kehidupan keluarga.
X1300150 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain