Skripsi
PENGARUH BIAYA PERSONAL SELLING TERHADAP VOLUME PENJUALAN BARANG PADA UD. GUN'S CELLULAR TEGAL
AAN GUNAWAN, "Pengaruh Biaya Personal Selling Terhadap Volume Penjualan pada UD. Gun's Cellular Tegal" SKRIPSI, TEGAL, 2008. FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah Ada Pengaruh Biaya Personal Selling Terhadap Volume Penjualan pada UD. Gun's Cellular Tegal".
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh personal selling terhadap volume penjualan pada UD. Gun's Cellular Tegal.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah "Diduga Pengaruh Biaya Personal Selling Terhadap Volume Penjualan Barang pada UD. Gun's Cellular Tegal".
Data yang digunakan adalah data biaya personal selling dan volume penjualan dari tahun 2003 sampai dengan 2007. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan interview dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier, korelasi product moment, koefisien determinasi, uji ?, dan uji t. Berdasarkan perhitungan dapat disimpulkan sebagai berikut:
Dalam analisis data menunjukkan bahwa adanya kenaikan atau penurunan biaya personal selling (X) akan berpengaruh terhadap volume penjualan UD. Gun's Cell (Y). Hal ini dapat dilihat pada persamaan regresi linier yaitu Y = 86,18 + 10,9X yang dihasilkan dari persamaan regresi linier tersebut menunjukan bahwa:
Nilai konstanta = 86,18 rupiah. Ini berarti jika biaya personal selling = 0 maka volume penjualan sebesar 86,18 rupiah
Sedangkan koefisien regresi 10,9 rupiah artinya setiap kenaikan biaya personal selling 1,- akan meningkatkan volume penjualan barang sebesar Rp 10,9,-
Dari perhitungan analisis korelasi product moment pada UD. Gun's Cellular Tegal diperoleh rhitung 0,95 yang berarti bahwa pengaruh biaya personal selling terhadap volume penjualan barang pada UD. Gun's Cellular Tegal menunjukkan adanya pengaruh yang tinggi dan positif.
Dari uji signifikansi koefisien regresi (?) di peroleh ? dengan kata lain koefisien regresi tersebut diperoleh bukan karena kebetulan saja tetapi oleh faktor-faktor yang benar-benar signifikan dengan demikian persamaan regresi dapat digunakan untuk memprediksi vplume penjualan jika terjadi perubahaan biaya personal selling dimasa yang akan datang.
Dari perhitungan analisis koefisien determinasi didapatkan R= 90% yang artinya keragaman total volume penjualan disekitar rata-rata 90% dijelaskan dengan hubungan antara volume penjualan dengan biaya personal selling. Sedangkan (10%) oleh faktor lain yang tidak dapat dijelaskan.
Berdasarkan hasil uji diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa antara biaya personal selling dengan volume penjualan terdapat pengaruh yang signifikan dan hubunganya sangat kuat. Jadi dapat digunakan untuk dasar upaya peningkatan volume penjualan.
X1300157 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain