Skripsi
Efektivitas Penggunaan Metode STAD (Student Teams-Achievement Division) Ditinjau dari Tingkat Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA N 1 Comal Tahun Ajaran 2008/2009 pada Materi pokok Logika M
M. TAUFIK QUROHMAN. 2009. Efektivitas Penggunaan Metode STAD (Student Teams-Achievement Division) Ditinjau dari Tingkat Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA N 1 Comal Tahun Ajaran 2008/2009 pada Materi pokok Logika Matematika ).Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Efektivitas, Metode STAD, Tingkat Motivasi, Prestasi Belajar Matematika
Penelitian ini untuk mengetahui apakah metode STAD yang ditinjau dari tingkat motivasi efektif pada pembelajaran matematika siswa kelas X semester II SMA N 1 Comal tahun ajaran 2008/2009 pada materi pokok logika matematika.
Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Comal. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, yakni dengan memilih dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol. Variabel dalam penelitian ini adalah prestasi belajar matematika sebagai akibat dari pembelajaran dengan dan tanpa menggunakan metode STAD. Pengambilan data dengan dokumentasi, angket, dan metode tes. Dan pengolahan data menggunakan anava 2 dua arah dengan interaksi desain faktorial 2x2 serta uji penentu menggunakan uji benferoni.
Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa yang mendapat pembelajaran dengan metode STAD memperoleh prestasi yang lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, siswa yang mempunyai motivasi tinggi akan memperoleh prestasi yang lebih tinggi daripada siswa yang mempunyai motivasi rendah, sehingga ada pengaruh tingkat motivasi dan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Dengan demikian siswa yang mempunyai motivasi tinggi dan mendapatkan pembelajaran dengan metode STAD mempunyai prestasi lebih tinggi dibandingkan dengan tipe interaksi pembelajaran lainnya pada penelitian ini.
PMTK09006 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain