Skripsi
Pengaruh Strategi Marketing Mix Terhadap Kinerja Perusahaan Pada PDAM Tirta Mulia Kabupaten Pemalang
Wiwit Susilowati / 4105502398 / Identifikasi Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal.
Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh PDAM Tirta Mulia Kabupaten Pemalang dan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran yang digunakan oleh PDAM Tirta Mulia Kabupaten Pemalang..
Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari PDAM Tirta Mulia Kabupaten Pemalang jumlah pendapatan selama lima tahun 2004 - 2008. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif serta analisis koefisien korelasi rank spearman dan untuk uji statistik menggunakan uji Z serta analisis Determinasi.
Hasil analisis kuantitatif yaitu analisis mean aritmatika untuk variabel X (produk, harga, saluran distribusi dan promosi) dimana untuk masing-masing variabel produk memenuhi syarat kesehatan, harga murah/terjangkau, saluran distribusi lancar 24 jam, promosi bahasa mudah dipahami, menarik dan penyuluhan menimbulkan minat. Untuk variabel Y (jumlah pelanggan, pendapatan dan kepuasan pelanggan) dimana untuk analisis masing-masing variabel jumlah pelanggan meningkat pertahun, jumlah pendapatan meningkat pertahun dan pelanggan merasa puas dengan strategi yang diterapkan PDAM Tirta Mulia Kabupaten Pemalang.
Analisis Koefisien korelasi menunjukan rs 0,379 berarti menunjukan hubungan strategi pemasaran (marketing mix) PDAM Tirta Mulia Kabupaten Pemalang terhadap kemajuan perusahaan bersifat positif dan rendah artinya artinya semakin strategi marketing mix diterapkan dengan baik maka kemajuan perusahaan akan tercapai/terwujud, sebaliknya apabila startegi marketing mix tidak diterapkan maka kemajuan perusahaan sulit terwujud.
Uji hipotesis dan koefien korelasi rank spearman menggunakan uji Z hasilnya 3,600 sedang Ztabel sebesar 1,960 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, artinya hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara strategi marketing mix PDAM Tirta Mulia Kabupaten Pemalang berpengaruh terhadap kemajuan perushaan.
Koefisien determinasi sebesar 14,36% berarti varians yang terjadi pada variable kemajuan perusahaan (y) sebesar 14,36% ditentukan oleh varians yang terjadi pada variable strategi pemasaran (x), sedangkan sisanya 85,64% ditentukan oleh faktor lain yang tidak dapat dijelaskan.
MP09021 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain