Skripsi
Implementasi Metode Mengajar Matematika Berdasarkan Tipologi Belajar Siswa tehadap Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009 pada Pokok Bahasan Trigonometri)
HARTINI, DEWI. 2009. Implementasi Metode Mengajar Matematika Berdasarkan Tipologi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian Pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2008/ 2009). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Metode, tipologi, prestasi, matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari metode mangajar, tipologi belajar siswa serta interaksi antara metode mangajar dengan tipologi belajar siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Semester genap SMA Negeri 5 Tegal tahun pelajaran 2008/ 2009 yang berjumlah 222 siswa yang terbagi dalam enam kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian siswa kelas X semester genap yang berjumlah 150 siswa yang terbagi dalam empat kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, dipilih dua kelas yang menggunakan metode ceramah ditambah dengan tanya jawab dan tugas yaitu kelas X1 (XA1) dan X2 (XB1) serta dua kelas yang menggunakan metode ceramah ditambah dengan demonstrasi dan latihan yaitu kelas X4 (XA2) dan X6 (XB2). Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket dan tes. Pada metode dokumentasi pengumpulan data berdasarkan arsip untuk mengetahui daftar nama siswa dan jumlah siswa. Metode angket digunakan untuk mengetahui tipologi belajar siswa yang berbeda - beda. Metode tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda untuk mengetahui prestasi belajar matematika. Analisis data yang digunakan adalah anava dua arah dengan interaksi desain faktorial 2 X 2.
Hasil penelitian dengan menggunakan anava 2 X 2 dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar matematika yang menggunakan metode ceramah ditambah dengan tanya jawab dan tugas dengan metode ceramah ditambah dengan demonstrasi dan latihan, ada perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang mempunyai tipe auditif dan visual serta ada interaksi antara metode pembelajaran dan tipologi belajar siswa pada prestasi belajar matematika. Karena terdapat perbedaan hasil uji pada anava 2 X 2, maka dilakukan uji penentu Benferroni. Pada uji Benferroni terdapat perbedaan antara perlakuan metode ceramah ditambah dengan tanya jawab dan tugas dengan metode ceramah ditambah dengan demonstrasi dan latihan serta tipe auditif dan visual.
PMAT09001 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain