2,000). Ini berarti ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar membaca antara siswa yang mempunyai penguasaan kosakata bahasa Inggris dengan baik dan siswa yang tidak menguasai penguasaan kosakata bahasa Inggris dengan baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penguasaan kosakata bahasa Inggris berpengaruh positif pada kemampuan membaca siswa kelas XI SMA Negeri 1 Larangan Brebes tahun pelajaran 2007/2008." />
Skripsi
Pengaruh Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris terhadap Kemampuan Reading Comprehension Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Larangan Brebes
HERNINGSIH, TUTI. 1604501075. Pengaruh Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris terhadap kemampuan Reading Comprehension (Studi penelitian di SMA Negeri 1 Larangan - Brebes Tahun Pelajaran 2007/2008). (2008) Skripsi. Program Strata 1, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Pengaruh, kosakata bahasa Inggris, kemampuan membaca.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penguasaan kosakata bahasa Inggris berpengaruh positif pada kemampuan reading comprehension siswa kelas XI SMA Negeri 1 Larangan - Brebes.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir, maka hipotesis pada penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut "Kemampuan penguasaan kosakata bahasa Inggris berpengaruh positif pada kemampuan reading siswa".
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester 2 SMA Negeri 1 Larangan Brebes Tahun Pelajaran 2007/2008. Dengan jumlah populasi adalah 320 siswa tersebut diambil secara random sampling sebanyak 60 siswa, kelompok I sebagai kelompok eksperimen yang mempunyai penguasaan vocabulary yang baik dan kelompok II sebagai kelompok kontrol yang kurang mempunyai penguasaan vocabulary.
Penulis menggunakan instrumen penelitian. Tes ini membutuhkan waktu 60 menit. Jenis tes yang digunakan adalah pilihan ganda dengan 5 pilihan A, B, C, D dan E. Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen pilihan, penulis mengujicobakan instrumen dengan memberikan tes yang sama pada 30 siswa yang memiliki kemampuan yang sama dengan sampel penelitian.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes membaca yang dilakukan pada sampel penelitian. Analisis data dari hasil penelitian diuji dengan menggunakan Uji-t. Berdasarkan dari analisis data thitung 7,449 dimana ttabel dengan derajat kebebasan 58 pada taraf signifikan 5% harga ttabel adalah 2,000. Perbandingan tersebut membuktikan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (7,449 > 2,000). Ini berarti ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar membaca antara siswa yang mempunyai penguasaan kosakata bahasa Inggris dengan baik dan siswa yang tidak menguasai penguasaan kosakata bahasa Inggris dengan baik.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa penguasaan kosakata bahasa Inggris berpengaruh positif pada kemampuan membaca siswa kelas XI SMA Negeri 1 Larangan Brebes tahun pelajaran 2007/2008.
X23654 | Tersedia | ||
X32343 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain