ttabel. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diajukan diterima atau terbukti yaitu "Bimbingan belajar kelompok kompetitif efektif dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi Standar Kompetensi Kegiatan Ekonomi Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009"." />
Skripsi
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Standar Kompetensi Kegiatan Ekonomi Melalui Bimbingan Belajar Kelompok Kompetitif Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009
ROSA de LIMA HY, 2009, Skripsi. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Standar Kompetensi Kegiatan Ekonomi Melalui Bimbingan Belajar Kelompok Kompetitif Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009. Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Hasil Belajar Ekonomi, Bimbingan Belajar Kelompok Kompetitif
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah bimbingan belajar kelompok kompetitif efektif dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi Standar Kompetensi Kegiatan Ekonomi siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009?"
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis yang menyatakan bahwa: bimbingan belajar kelompok kompetitif efektif dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi Standar Kompetensi Kegiatan Ekonomi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009.
Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi semester 2 SMK Negeri 1 Brebes tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 160 anak. Sedangkan sampelnya diambil 40 anak secara random sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Hasil belajar Ekonomi Standar Kompetensi Kegiatan Ekonomi siswa Kelas XI C SMK Negeri 1 Brebes sebelum penerapan Bimbingan Belajar Kelompok Kompetitif dengan nilai rata-rata 70,50 termasuk dalam kategori baik; 2) Hasil belajar Ekonomi Standar Kompetensi Kegiatan Ekonomi siswa Kelas XI C SMK Negeri 1 Brebes sesudah penerapan Bimbingan Belajar Kelompok Kompetitif dengan nilai rata-rata 82,00 termasuk dalam kategori baik sekali; 3) Hasil belajar siswa Ekonomi Standar Kompetensi Kegiatan Ekonomi sesudah penerapan Bimbingan Belajar Kelompok Kompetitif lebih tinggi dibanding dengan sebelumnya pada siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Brebes, yaitu dari rata-rata sebesar 70,50 naik menjadi 82.00 yang berarti ada kenaikan hasil belajar sebesar 11,50 atau 16,31%; 4) Hasil uji t didapat thitung sebesar 17,046 sedangkan harga ttabel untuk dk (40 - 1) = 39 taraf signifikansi 1% diperoleh harga sebesar 2,704. Hasilnya thitung sebesar 17,046 lebih besar dari 2,704 atau thitung > ttabel. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diajukan diterima atau terbukti yaitu "Bimbingan belajar kelompok kompetitif efektif dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi Standar Kompetensi Kegiatan Ekonomi Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009".
PE09013 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain