t table yaitu 3,296 > 1,980 sehingga dengan demikian dapat dikemukakan bahwa ada perbedaan kelompok siswa yang menguasai mata pelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan metode Direct Method dan siswa yang melaksanakan pembelajaran bahasa Inggris dengan tidak menggunakan metode Direct Method. Apabila dihubungkan dengan hipotesis penelitian ini yang menyatakan bahwa ' Penggunaan Direct Method berpengaruh positif terhadap penguasaan bahasa Inggris siswa kelas I SMK Muhammadiyah Pemalang tahun pelajaran 2007-2008'. Adalah terbukti kebenarannya. Kesimpulannya adalah penggunaan metode Direct Method pada pengajaran bahasa Inggris siswa SMK Muhammadiyah Pemalang memiliki pengaruh positif." />
Skripsi
Efektifitas Penggunaan Direct Method Terhadap Penguasaan Bahasa Inggris Siswa SMK Kelas I (Studi Eksperimental di SMK Muhammadiyah Pemalang Tahun Pelajaran 2007-2008)
Hasanudin. Efektifitas Penggunaan Direct Method Terhadap Penguasaan Bahasa Inggris Siswa Kelas I ( Studi Eksperimental di SMK Muhammadiyah Pemalang Tahun Pelajaran 2007-2008 ). Skripsi : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal 2008.
Kata kunci : Efektivitas, Direct Method, Penguasaan Bahasa Inggris
Salah satu hal penting dalam pelaksanaan pembelajaran adalah penggunaan metode pendekatan yang sesuai, atau sebagai alat untuk mempermudah pemahaman siswa terhadap materi ajar. Penerapan metode yang dimaksudkan adalah Direct Method ( metode pengajaran langsung ). Salah satu tujuan penggunaan metode ini agar siswa dapat menerapkan bahasa sasaran yaitu bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Perumusan masalah dalam penelitian ini " Apakah ada pengaruh positif penggunaan Direct Method terhadap penguasaan bahasa Inggris siswa kelas I SMK Muhammadiyah Pemalang tahun pelajaran 2007-2008?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan Direct Method terhadap penguasaan nahada Inggris siswa kelas I SMK Muhammadiyah Pemalang tahun pelajaran 2007-2008.
Direct Method berorientasi pada pendekatan kebermaknaan dalam bahasa Inggris. Pendekatan kebermaknaan ini berlaku sejak digunakannya kurikulum bahasa Inggris 1994. Sedangkan tujuan pendekatan kebermaknaan ini agar anak didik atau pelajar dapat berfikir dalam bahasa sasaran yaitu bahasa Inggris. Penggunaan Direct Method berorientasi agar siswa dapat berfikir dalam bahasa sasaran, baik dalam membaca, bercakap, maupun menulis. Hipotesis penelitian dirumuskan sebagai berikut: ' Penggunaan Direct Method memiliki pengaruh yang positif terhadap penguasaan bahasa Inggris siswa kelas I SMK Muhammadiyah Pemalang tahun pelajaran 2007-2008.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas I semester 2 SMK Muhammadiyah Pemalang tahun pelajaran 2007-2008. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas I semester 2 SMK Muhammadiyah Pemalang tahun pelajaran 2007-2008, yakni yang terdiri dari 4 ( empat ) kelas yaitu I.Ak I, I.Ak 2, I.Pj dan I.Ap, yang berjumlah seluruhnya sebanyak 192 siswa. Pengambilan sample 2 kelas yaitu kelas I.Ak I yang berjumlah 40 siswa dan I.Pj yang berjumlah 40 siswa sehingga jumlah sample dalam penelitian ini adalah sebanyak 80 siswa. I.Ak I sebagai kelompok penelitian dan I.Pj sebagai kelompok kontrol.
Berdasarkan hasil t hitung sebesar 3,296 apabila dikonsultasikan dengan t table sengan derajat kebebasan ( dk-2 ) yaitu 80-2 = 78 pada taraf signifikansi 5% ternyata t hitung > t table yaitu 3,296 > 1,980 sehingga dengan demikian dapat dikemukakan bahwa ada perbedaan kelompok siswa yang menguasai mata pelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan metode Direct Method dan siswa yang melaksanakan pembelajaran bahasa Inggris dengan tidak menggunakan metode Direct Method. Apabila dihubungkan dengan hipotesis penelitian ini yang menyatakan bahwa ' Penggunaan Direct Method berpengaruh positif terhadap penguasaan bahasa Inggris siswa kelas I SMK Muhammadiyah Pemalang tahun pelajaran 2007-2008'. Adalah terbukti kebenarannya.
Kesimpulannya adalah penggunaan metode Direct Method pada pengajaran bahasa Inggris siswa SMK Muhammadiyah Pemalang memiliki pengaruh positif.
1231 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain