Skripsi
Pelaksanaan Bimbingan Karir Terhadap Pengenalan Konsep Diri Berkaitan Dengan Bakat Siswa Kelas VIII SMP N 01 Tanjung Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009
Nur Hidayati Maulidah. 2009. NPM.1105500705. Pelaksanaan Bimbingan Karir Terhadap Pengenalan Konsep Diri Berkaitan Dengan Bakat Siswa Kelas VIII SMP N 01 Tanjung Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009.
Kata Kunci : Bimbingan Karir, Konsep Diri
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMP N 01 Tanjung Kabupaten Brebes, mengenai pelaksanaan bimbingan karir terhadap pengenalan konsep diri berkaitan dengan bakat siswa mendapatkan respon yang sangat baik. Karena dalam penelitian tersebut peneliti mengetahui bagaimana gambaran diri sendiri dengan bakat yang dimiliki sebelum dan setelah mendapatkan bimbingan karir.Dari fenomena diatas, mendorong peneliti untuk meneliti pengenalan diri siswa dengan bakat yang dimilikinya, serta dapat mengembangkan melalui ekstrakurikuler yang ada di sekolah.Tujuannya untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan bimbingan karir terhadap pengenalan konsep diri berkaitan dengan bakat siswa SMP N 01 Tanjung kabupaten Brebes tahun pelajaran 2008/2009.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 316 siswa. Sedangkan sampel yang diambil dengan teknik proportional purposive random sampling sebanyak 40 siswa. Variabel penelitian ini adalah variabel bebas (X) yaitu pelaksanaan bimbingan karir dan variabel terikat (Y) adalah Pengenalan konsep diri berkaitan dengan bakat. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran yang diperoleh dari pelaksanaan bimbingan karir terhadap pengenalan konsep diri berkaitan dengan bakat siswa kelas VIII SMP N 01 Tanjung Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009 mencapai tingkat persentase yaitu 90,6% untuk variabel pelaksanaan bimbingan karir(X) dan 90,05% untuk variabel pengenalan konsep diri berkaitan dengan bakat(Y).Terdapat pengaruh pelaksanaan bimbingan karir terhadap pengenalan konsep diri berkaitan dengan bakat siswa kelas VIII SMP N 01 Tanjung Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009. Hal tersebut terlihat dari nilai rhitung yang lebih besar dari pada nilai rtabel (0,9965>0,312) pada taraf signifikan 5 % yang berarti hipotesis kerja diterima.
Simpulan pada penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan bimbingan karir terhadap pengenalan konsep diri berkaitan dengan bakat siswa berjalan dengan baik. Dan saran peneliti pada penelitian ini kepada Kepala SMP N 01 Tanjung Kabupaten Brebes selalu memberi dukungan terhadap pelaksanaan bimbingan karir karena bimbingan karir tersebut berpengaruh dalam meningkatkan pengenalan konsep diri berkaitan dengan bakat siswa. Kepada guru pembimbing hendaknya selalu memberi motivasi terhadap siswa dalam pengenalan diri sendiri dan pengenalan terhadap bakat serta manfaat pengembangan bakat itu sendiri. Kepada orang tua siswa hendaknya memberi dukungan serta arahan terhadap yang akan siswa kerjakan untuk masa depan. Kepada siswa dapat mengenali diri sendiri kemudian dapat mengembangkan kemampuan yang telah dimilikinya sehingga berguna dimasa yang akan datang.
BK09003 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain