Skripsi
Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Tegal Tahun Ajaran 2008/2009 dengan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw
Masitoh, Siti. 2009. Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Tegal Tahun Ajaran 2008/2009 dengan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing II : Drs. Bowo Hermaji, M.Pd
Kata Kunci : Menulis Deskripsi. Pembelajaran Kooperatif Jigsaw
Pembelajaran menulis deskripsi dinilai efektif apabila dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan kreatif, untuk memenuhi aspek itu, diciptakanlah model-model pembelajaran yang diantaranya adalah dengan model pembelajaran kooperatif jigsaw.
Masalah yang dibahas dalam penelitian adalah (1) bagaimanakah kemampuan menulis deskripsi dengan pembelajaran kooperatif jigsaw kelas VII SMP Negeri 19 Tegal? (2) Bagaimanakah proses penerapan belajar kooperatif jigsaw dalam pembelajaran menulis deskripsi kelas VII SMP Negeri 19 Tegal? (3) apakah model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi kelas VII SMP Negeri 19 Tegal?
Tujuan penelitian ini adalah (1) memperoleh deskripsi mengenai keammpuan menulis deskripsi dengan pembelajaran kooperatif jigsaw kelas VII SMP Negeri 19 Tegal (2) memperoleh deskripsi mengenai penerapan belajar kooperatif jigsaw dalam pembelajaran menulis deskripsi kelas VII SMP Negeri 19 Tegal (3) mengetahui peningkatan kemampuan menulis deskripsi dengan pembelajaran kooperatif jigsaw kelas VII SMP Negeri 19 Tegal.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 19 Tegal Tahun Ajaran 2008/2009 dengan jumlah populasi lima kelas kemudian diambil sampel secara random ternyata jumlah yang keluar adalah kelas VII E. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu model pembelajaran kooperatif jigsaw dan prestasi belajar menulis deskripsi. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes, sehingga analisis yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis skripsi dalam pembelajaran kooperatif jigsaw sebesar 14,75. Skor rata-rata kelas pada siklus I 61,38 dan pada siklus II 76,13. setelah menggunakan pembelajaran kooperatif jigsaw terjadi perubahan perilaku siswa. Siswa yang merasa bosan dengan kegiatan pembelajaran menulis menjadi lebih tertarik dan bersemangat mengikuti pembelajaran.
PBSID0911 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain