Skripsi
Efekstifitas Pendekatan Sematik-Pragmatik dalam Pengajaran Reading Comprehension Siswa SMA N I Larangan Brebes Kelas X Tahun Pelajaran 2007 / 2008
MULYATI SRI : Effektifitas Pendekatan Semantik-Pragmatik dalam pengajaran Reading Comprehension pada siswa SMA N I Larangan Brebes Kelas X semester I Tahun Pelajaran 2007 / 2008. Skripsi Tegal, Program Strata 1, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci :Pendekatan Semantik Pragmatik , Penguasaan Reading
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar Reading antara siswa yang diajar dengan menggunakan semantik-Pragmatik dan siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan struktural pada siswa kelas X SMAN I Larangan - Brebes..
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, maka hipotesis penelitian ini adalah " Ada pengaruh positif pada pengajaran Bahasa Inggris dengan pendekatan semantic-pragmatic terhadap penguasaan reading pada siswa kelas X SMAN I Larangan - Brebes.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester I dengan jumlah 300 siswa. Dari jumlah tersebut diambil sampel 60 siswa dan dibagi menjadi 2 kelompok. Tiap kelompok terdiri dari 30 siswa, yaitu kelompok I adalah kelompok experimen yang diajar dengan pendekatan semantic-pragmatic dan kelompok 2 adalah kelompok kontrol dengan menggunakan pendekatan struktural.
Instrumen yang digunakan adalah tes Reading (bacaan) Bahasa Inggris, tes tersebut terdiri dari 2 soal, setiap soal mempunyai 5 pertanyaan.
Dari analisa data penelitian, dihasilkan rata-rata nilai dari kelompok experimen = 5,842 dan rata-rata kelompok kontrol = 4,425. Dengan taraf segnifikan 2% dan derajat kebebesan (dk) 58 menunjukan bahwa t tabel =2,390. Sedangkan t hitung = 4,527. Dengan demikian t hitung lebih besar dari t tabel, berarti hipotesis penelitian diterima.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar Reading yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan semantic-pragmatic dengan siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan struktural.
PBI005 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain