Skripsi
Efektivitas Total Physical Response (TPR) dalam Pembelajaran Kosakata Siswa Kelas VII SMP Saya Mina Bulakamba Kabupaten Brebes, Tahun Pelajaran 2008/2009
FREDY ROSIANDI. 2009. NPM 1603500965 : Efektivitas Total Physical Response (TPR) dalam Pembelajaran Kosakata Siswa Kelas VII SMP Saya Mina Bulakamba Kabupaten Brebes, Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi, Program Strata 1 Program, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Total Physical Response Method efektif dalam Pengajaran kosakata Bahasa Inggris untuk siswa Kelas VII semester I SMP Saya Mina Bulakamba Kabupaten Brebes.
Berdasarkan pada landasan teori dan kerangka berpikir, hipotesis penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : Total Physical Response Method efektif dalam pengajaran kosakata Bahasa Inggris.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Saya Mina Bulakamba Kabupaten Brebes dengan jumlah keseluruhan siswa 120. penulis menggunakan teknik random sampling untuk memilih sampel penelitian. Jumlah sampel penelitian adalah 40 siswa. Sampel terdiri dari 2 kelompok, kelompok penelitian dan kelompok pengendali. Masing-masing kelompok terdiri dari 20 siswa. Kelompok penelitian adalah kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan metode Total Physical Response dalam pengajaran kosakata bahasa Inggris atau kelompok pertama dan kelompok pengendali adalah kelompok siswa yang tidak diajarkan dengan metode Total Physical Response dalam pengajaran kosakata bahasa Inggris, sebagai kelompok pengendali.
Penulis menggunakan tes sebagai instrumen penelitian. Tes membutuhkan waktu 60 menit untuk menyelesaikannya. Jenis tes yang digunakan adalah pilihan ganda dengan empat pilihan A, B, C dan D. Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen penelitian, penulis mengujicobakan instrumen dengan memberikan tes yang sama kepada 20 siswa yang memiliki kemampuan sama dengan sampel penelitian.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes menulis yang dikerjakan oleh sampel penelitian selama semester I. Analisa data penelitian dirumuskan dalam Uji-t. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh t-hitung 2,611 sedangkan t-tabel dengan derajat kebebasan (38) pada taraf signifikasi 5 % tabel adalah 2,021 (2,611 > 2,021). Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang berarti pada prestasi bahasa Inggris khususnya penguasaan kosakata siswa antara siswa yang diajar menggunakan metode Total Physical Response dan siswa yang tidak diajar dengan menggunakan metode Total Physical Response.
Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah "Total Physical Response Method memberikan efek yang positif terhadap pembelajaran bahasa Inggris, khususnya penguasaan kosakata siswa kelas VII semester I SMP Saya Mina Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2008 / 2009".
PBI008 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain