2,000). Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang berarti pada prestasi membaca (reading) siswa SMA, antara siswa yang diajar dengan menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dikelas dalam pembelajaran reading dan siswa yang diajar dengan menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dalam pembelajaran reading. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah "Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) memberikan efek yang positif terhadap pembelajaran membaca (reading) siswa SMA Kelas X, semester II SMA Hasyim Asy'ari Tarub Tegal tahun pelajaran 2007/2008"." />
Skripsi
EFEKTIFITAS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR READING PADA SISWA KELAS X
Husni Mubarok : Efektifitas Kurikuluum Tingkat Satuan Pendidikan Terhadap Prestasi Belajar Reading Pada Siswa Kelas X SMA Hasyim Asy' ari Tarub Tahun Ajaran 2007/2008. Skripsi. 2008. Program Strata 1, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti. Tegal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas / pengaruh positif penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan terhadap pengajaran membaca (reading) siswa SMA Hasyim Asy'ari Kelas X semester II tahun pelajaran 2007/2008.
Berdasarakan pada landasan teori dan kerangka berpikir, hipotesis penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: "Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan efektif dalam prestasi belajar reading siswa SMA kelas X".
Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Hasyim Asy'ari Kelas X semester II tahun pelajaran 2007/2008. yang berjumlah 120 siswa. Penulis menggunakan teknik random sampling untuk memilih sampel penelitian. Jumlah sampel penelitian adalah 60 siswa. Sampel terdiri dari dua kelompok, kelompok penelitian dan kelompok pengendali. Masing-masing kelompok terdiri atas 30 siswa. Kelompok penelitian adalah kelompok siswa yang diajar dengan menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di kelas untuk meningkatkan pretasi belajar reading atau kelompok pertama dan kelompok pengendali adalah kelompok siswa yang diajar dengan menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) untuk meningkatkan pretasi belajar reading, sebagai kelompok kedua.
Penulis menggunakan tes sebagai instrument penelitian. Tes membutuhkan waktu 90 menit untuk menyelasaikannya. Jenis tes yang digunakan adalah pilihan ganda dengan lima pilihan A, B, C, D dan E. Untuk mengetahui validitas dan realibitas instrument penelitian, penulis mengujicobakan instrument dengan memberikan tes yang sama kepada 30 siswa yang memiliki kemampuan sama dengan sampel penelitian.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes reading yang dikerjakan oleh sampel penelitian selama semester II. Analisa data penelitian dirumuskan dalam rumus Uji-t. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh t-hitung 3,363 sedangkan t-tabel dengan derajat kebebasan (58) pada taraf signifikansi 5% tabel adalah (3,363 > 2,000). Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang berarti pada prestasi membaca (reading) siswa SMA, antara siswa yang diajar dengan menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dikelas dalam pembelajaran reading dan siswa yang diajar dengan menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dalam pembelajaran reading.
Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah "Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) memberikan efek yang positif terhadap pembelajaran membaca (reading) siswa SMA Kelas X, semester II SMA Hasyim Asy'ari Tarub Tegal tahun pelajaran 2007/2008".
PBI019 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain