Skripsi
Efektivitas Pengajaran Dictation dalam Peningkatan Kemampuan Listening Bahasa Inggris Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Suatu Penelitian Eksperimental di SD Negeri Tanjungharja 03 dan SD Negeri Tanjungharja 01 Tegal Tahun Ajaran 2007/2008)
NURUL AZIZAH. Efektivitas Pengajaran Dictation dalam Peningkatan Kemampuan Listening Bahasa Inggris Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Suatu Penelitian Eksperimental di SD Negeri Tanjungharja 03 dan SD Negeri Tanjungharja 01 Tegal Tahun Ajaran 2007/2008). Skripsi. 2008. Program Strata 1 Fakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Dictation, listening dan pengajaran bahasa Inggris.
Dictation adalah menstransfer suatu kata atau kalimat dan pendengar menulisnya. Dictation merupakan bagian dari listening, kemampuan dictation merupakan dasar untuk menguasai kemampuan listening siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengajaran dictation efektif terhadap peningkatan kemampuan listening siswa kelas V sekolah dasar tahun pelajaran 2007/2008.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, hipotesis penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : Ada perbedaan yang signifikan dalam kemampuan lisening antara siswa yang diberi pengajaran dictation dengan siswa yang tidak diberi pengajaran dictation. Dengan kata lain pengajaran dictation memberikan efek yang positif terhadap kemampuan listening siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Tanjungharja 3 dan SD Negeri Tanjungharja 01 semester 2 tahun pelajaran 2007/2008. Jumlah keseluruhan populasi 100 siswa. Jumlah sampel penelitian adalah 60 siswa yang terdiri dari 2 kelompok sebagai kelompok I yaitu kelompok eksperimen dan kelompok II sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling untuk memilih sampel.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda.
Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa ternyata t-hitung 3,969 sedangkan t-tabel 2,021 dengan taraf signifikan 5%. Dengan demikian maka nilai t-hitung yang diperoleh lebih besar dari t-tabel (3,969 > 2,021).
Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diberi pengajaran dictation dengan yang tidak diberi pengajaran dictation. Maka penulis menyimpulkan bahwa "pemberian pengajaran dictation memberikan efek yang positif terhadap kemampuan listening SD Negeri siswa kelas V.
PBI021 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain