Skripsi
Pengaruh Kegiatan Pre-reading dengan Penerapan Gambar terhadap Prestasi Membaca Bahasa Inggris (Suatu Penelitian Eksperimental pada Siswa Kelas VII di MTs Hidayatussibyan Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009)
NURLAELA. "Pengaruh Kegiatan Pre-reading dengan Penerapan Gambar terhadap Prestasi Membaca Bahasa Inggris (Suatu Penelitian Eksperimental pada Siswa Kelas VII di MTs Hidayatussibyan Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009)". Skripsi. 2009. Program Strata 1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Kegiatan pre-reading, penerapan gambar, prestasi membaca.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kegiatan pre-reading dengan penerapan grambar mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi membaca pada siswa kelas VII MTs. Hidayatusinyan Tarub Tegal tahun pelajaran 2008/2009.
Berdasarkan pada latar belakang teori-teori pengajaran bahasa, hypotesis penelitian dirumuskan sebagai berikut : "Ada pengaruh positif dari pre-reading activity dengan penerapan gambar terhadap prestasi membaca siswa."
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. Hidayatusibyan Tarub Tegal tahun pelajaran 2008/2009. Jumlah responden dalam populasi 115 siswa. Penulis menggunakan teknik random sampling dalam pengambilan sampel. Jumlah responden 40 siswa, masing-masig terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang terdiri dari 20 siswa. Kelompok eksperimen adalah siswa yang diajar dengan penerapan gambar sebagai kelompok pertama, kelompok kontrol adalah siswa yang diajar tidak menggunakan penerapan gambar sebagai kelompok kedua. Instrumen penelitian berupa test, dikerjakan selama 30 menit. Bentuk tes adalah pilihan ganda dengan 4 alternatif pilihan.
Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen dilakukan uji reliabilitas dan validitas di analisa dengan menggunakan uji-t untuk mengetes perbedaan rata-rata dari dua kelompok.
Dari hasil analisa data menunjukkan bahwa t-hitung adalah 2,356 sedangkan t-tabel adalah 2,021 pada taraf signifikan 5%. Jadi t-hitung lebih tinggi dari pada t-tabel, maka hipotesis penelitian dapat diterima.
Jadi dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa "Kegiatan pre-reading dengan penerapan gambar berpengaruh positif terhadap prestasi membaca siswa kelas VII MTs. Hidayatusibyan Tarub Tegal.
PBI023 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain