Skripsi
Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP NU Kesesi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2008/2009
NAFISATUL MAZIYAH, ANNA. 2009. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Keterampilan Menyimak Berita pada Siswa Kelas VIII SMP NU Kesesi Kabupaten Pekalongan tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi Jurusan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. dan Pembimbing II Drs. Bowo Hermaji, M.Pd.
Kata Kunci : Keterampilan Menyimak Berita, Media Audio Visual
Pengajaran keterampilan menyimak dinilai efektif apabila dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan penuh makna. Untuk memenuhi aspek tersebut, diciptakan media pengajaran yang diantaranya adalah media audio visual.
Penelitian ini mengkaji 3 masalah yaitu: (1) Bagaimana kemampuan menyimak berita siswa kelas VIII SMP NU Kesesi Kabupten Pekalongan dengan media audio visual? (2) Bagaimanakah kemampuan menyimak berita-berita tanpa menggunakan media audio visual? (3) Apakah media audio visual berpengaruh terhadap keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII SMP NU Kesesi tahun ajaran 2008/2009.
Penelitian ini menggunakan desain 2 kelompok yaitu (1) kelompok I, (kelompok eksperimen) siswa yang diajar dengan media audio visual, (2) kelompok II, (kelompok control) yaitu siswa yang diajar dengan tanpa media audio visual sebanyak 46 sampel.
Data penelitian diperoleh dari hasil tes menyimak berita. Berdasarkan hasil tes tersebut rata-rata nilai kelompok eksperimen diperoleh t hitung sebesar 2,76 dan rata-rata nilai kelompok kontrol diperoleh t hitung sebesar 2,44 dengan t tabel 1,68. Jadi pengajaran menyimak berita dengan media audio visual dan tanpa audio visual sama-sama efektif tetapi lebih efektif dengan media audio visual karena : (1) Media Audio Visual dapat membantu secara kongret konsep berfikir, (2) Dengan hadirnya media audio visual siswa dapat lebih memperhatikan apa yang mereka lihat, (3) Dengan media ini siswa lebih konsentrasi sehingga pikirannya tetap memperhatikan apa yang mereka lihat, (4) Media audio visual dapat mengembangkan cara berfikir berkesinambungan, seperti halnya dalam film, (5) Media audio visual dapat menambah penjgalaman yang tidak mudah dicapai oleh alat yang lain, (6) Media audio visual dapatr menambah variasi belajar sehingga tidak monoton dan siswa tidak merasa bosan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut penulis menyarankan kepada guru agar menggunakan media audio visual dalam pengajaran menyimak berita dan kepada peneliti yang lain hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan dan pertimbangan untuk melaksanakan penelitian lebih lanjut.
PBSID09021 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain