2,000). Hal ini menunjukkan bahwa perbedaan signifikasi antara siswa yang mendengarkan program siaran dalam bahasa Inggris dan siswa yang tidak mendengarkan program siaran dalam bahasa Inggris di radio Tegal. Dari hasil analisis dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif dalam pencapaian prestasi listening bahasa Inggris pada kebiasaan mendengarkan program siaran dalam bahasa Inggris di radio Tegal bagi siswa SMA Al-Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009." />
Skripsi
Pengaruh Kebiasaan Mendengarkan Program Siaran Dalam Bahasa Inggris Di Radio Terhadap Penguasaan Listening Siswa Kelas Xi IPS SMA Al-Irsyad Tegal
Sulistyowati. 1604501126. 2009. Pengaruh Kebiasaan Mendengarkan Program Siaran dalam Bahasa Inggris Terhadap Penguasaan Listening. In SMA Al-Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009. Thesis 2009. Program Strata 1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Penguasaan Listening
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara siswa yang mendengarkan program siaran dalam bahasa Inggris dan siswa yang tidak mendengarkan program siaran dalam bahasa Inggris di radio Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir maka dapat dirumuskan hipotesis penelitian sebaga berikut : "Pengaruh kebiasaan mendengarkan program siaran dalam bahasa Inggris di radio Tegal mempunyai pengaruh positif pada prestasi llistening siswa kelas XI IPS SMA Al-Irsyad Tegal.
Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS SMA Al-Irsyad Tegal dengan jumlah populasi sebanyak 143 siswa. Jumlah sampel dari penelitian ini adalah 60 siswa. Sampel terdiri dari 30 siswa. Kelompok I adalah siswa yang sering mendengarka program siaran dalam bahasa Inggris di radio Tegal terhadap penguasaan listening.
Penulis menggunakan tes sebagai tes instrumen penelitian. Tes tersebut membutuhkan waktu 60 menit. Jenis tes yang diberikan adalah pilihan ganda yang tterdiri dari 30 soal dengan 4 pilihan a,b,c dan d. Untuk mengetahui reliabilitas dan validitas dari instrumen, penulis telah mengujicobakan instrumen dengan memberikan tes tersebut kepada 20 siswa yang memiliki penguasaan sama dengan sampel.
Analisa data penelitian ini dihitung dengan rumus uji-t. Berdasarkan dari hasil analisa data, diperoleh t-hitung adalah 3,998. pada taraf signifikasi 5% dan derajat kebebasan (dk) 58, diperoleh t-tabel sebesar 2,000 yang berarti t-hitung lebih besar dari pada t-tabel (3,998>2,000). Hal ini menunjukkan bahwa perbedaan signifikasi antara siswa yang mendengarkan program siaran dalam bahasa Inggris dan siswa yang tidak mendengarkan program siaran dalam bahasa Inggris di radio Tegal.
Dari hasil analisis dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif dalam pencapaian prestasi listening bahasa Inggris pada kebiasaan mendengarkan program siaran dalam bahasa Inggris di radio Tegal bagi siswa SMA Al-Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009.
PBI027 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain