Skripsi
Keruntutan dan Kepaduan Kalimat Dalam Paragraf Laporan Karya Tulis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bulakamba Tahun Pelajaran 2007/2008
Budi Setiawan. 1504500449. 2009. Keruntunan dan Kepaduan Kalimat dalam Paragraf Hasil Karya Tulis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bulakamba Tahun Pelajaran 2007/2008, dengan permasalahan dan bagaimanakah implikasi Keruntutan dan Kepaduan kalimat dalam paragraf hasil karya tulis siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bulakamaba Tahun Pelajaran 2007/2008.
Kata kunci : Keruntutan dan Kepaduan Kalimat dalam paragraf.
Penelitian yang dilakukan Penulis ini memiliki tujuan, yakni untuk mengetahui sejauh mana dan bagaimanakah implikasi keruntutan dan kepaduan kalimat dalam paragraf hasil karya tulis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bulakamba tahun pelajaran 2007/2008 peniliti mengajukan hipotesis, bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bulakamaba memiliki kemampuan menggunakan unsur-unsur keruntutan dan kepaduan kalimat ditinjau berdasarkan kohesi dan kohorensi.
Penilitian ini menggunakan populasi seluruh kelompok karya tulis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bulakamba tahun pelajaran 2007/2008, dan diambil lima kelompok karya tulis siswa sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel peniliti menggunakan teknik pengumpulan data dan teknik analisis data.
Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode, antara lain metode deskriptif kualitatif dan metode deskriptif.
Kemudian untuk menganalisis data peneliti mengunakan metode deskriptif kualitatif karena tidak menggunakan data yang berupa angka-angka. Jika kelompok karya tulis siswa tidak ada kesalahan unsur-unsur pengunaan EYD (ejaan yang disempurnakan), unsur-unsur keruntutan dan kepaduan maka siswa dianggap mampu dan mencapai hasil yang baik. Jika sedikit kesalahan penggunaan EYD (ejaan yang disempurnakan), keruntutan dan kepaduan maka siswa dianggap cukup mampu dan mencapai hasil yang cukup baik. Apabila banyak kesalahan penggunaan unsur-unsur EYD (ejaan yang disempurnakan), unsur-unsur keruntutan dan kepaduan maka siswa dianggap tidak mampu dan mencapai hasil yang tidak baik (jelek).
Berdasarkan analisis data diketahui bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bulakamba cukup baik memiliki kemampuan dalam menggunakan unsur-unsur EYD (ejaan yang disempurnakan) unsur keruntutan dan kepaduan terbukti dari lima kelompok karya tulis siswa sebagai sampel satu kelompok dikatakan mampu (baik), dua kelompok cukup mampu, dan dua kelompok tergolong jelek.
PBSID001 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain