Skripsi
Analisis Kesalahan Bunyi Vokal dalam Test Pronunciation (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas XI SMA Al-Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009)
KARTIKA SETYOWATI : Analisis Kesalahan Bunyi Vokal Dalam Test Pronunciation pada Kelas XI SMA Al-Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009.Skripsi 2009. program strata 1, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Kesalahan Bunyi Vokal, Pronunciation.
Bahasa Inggris mempunyai peranan yang sangat penting. Pengajaran bahasa Inggris sekolah menengah Atas ( SMA ) menurut kurikulum adalah mencakup 4 keterampilan berbahasa, yaitu Reading,Writing, Speaking,dan Listening. Dimana keterampilan berbahasa bertujuan untuk membangun kemampuan siswa dalam berkomunikasi bahasa Inggris baik secara lisan aupun tulisan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan -kesalahan yang dibuat siswa dalam penguasaan pelafalan (Pronunciation ) dalam bahasa Inggris. Analisis kesalahan adalah suatu kegiatan untuk mengidentifikasi, menganalisa, dan mengklasifikasi kesalahan yang dibuat siswa.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI siswa SMA Al- Irsyad Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009. jumlah populasi 113 siswa .sampel ditetapkan dengan mengunakan teknik random sampling. Jumlah responden 40 siswa. Instrumen penelitian berupa tes, bentuk tes adalah tes membaca ( reading skill).
Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas intsrumen, dlakukan uji validitas dan relibilitas sebnyak 20 siswa yang mempunyai kemampuan yang sama dan di analisa dengan menggunakn uji -t
Dari analisis siswa penulis telah menemukan 3 jenis kesalahan yang dibuat siswa dalam pelafalan ( pronunciation ), yaitu kesalahan pengucapan (Error of speech) pada persamaan bunyi dan tulisan, kesalahan pengucapan (Error of speech) pada intonasi dan kesalahan pengucapan (Error of speech) pada penekanan (stressing ). Setelah mendapatkan hasil analisis, maka dapat diketahui bahwa jenis kesalahan yang sering dilakukann oleh siswa adalah kesalahn pengucapan (Error of speech) pada intonasi dengan prosentase 27 %, kesalahan pengucapan (Error of speech) pada persamaan bunyi dan tulisan 30 % dan kesalahan pengucapan (Error of speech) pada penekanan (stressing ) 27 %.
PBI029 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain