Skripsi
The Effectiveness of Applying The Natural Approach in The Teaching of Vocabulary to The Eighth Year Students of SMP Negeri Bulakamba 03 Brebes
TRINOVA SUPRIHARTANTI: Pengaruh Penerapan Natural Approach Terhadap Prestasi Siswa Pada Pengajaran Kosakata Di SMP Negeri Bulakamba 03 Brebes. sebuah penelitian di SMP Negeri Bulakamba 03 Brebes selama semester 2 Tahun Pelajaran 2007/2008. skripsi, program strata I. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Natural Approach, Kosa kata
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh penerapan Natural Approach terhadap prestasi siswa pada pengajaran kosakata pada siswa kelas 8 selama semester II tahun pelajaran 2007/2008. Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir, dirumuskan hipotesis penelitian sebagai berikut: Natural Approach memberikan efek positif terhadap prestasi dalam pengajaran kosakata. Dengan kata lain siswa yang diajar dengan Natural Approach akan mendapatkan hasil prestasi lebih baik daripada siswa yang diajar dengan menggunakan GTM.
Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMPN Bulakamba 03 Brebes dengan jumlah populasi sebanyak 126 siswa. Penulis menggunakan teknik pemilihan secara acak untuk memilih sampel penelitian, jumlah sampel adalah 60 siswa, siswa terdiri dari 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok pengendali, tiap kelompok terdiri dari 30 siswa. Kelompok eksperimen adalah siswa yang diajar menggunakan Natural Approach dan kelompok pengendali adalah siswa yang diajar menggunkan GTM. Penulis menggunakan tes sebagai instrument penelitian. Tes tersebut membutuhkan waktu 45 menit, jenis tes yang diberikan adalah pilihan ganda dengan 4 pilihan A, B, C dan D. untuk mengetahui reliabilitas dan validitas.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes kosakata. yang dikerjakan oleh sampel penelitian semester dua. Analisa penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji-t. Dari hasil analisa menunjukan bahwa t-hitung adalah 4.6457 sedang t-table adalah 2.576 pada taraf signifikasi 5 % jadi t-hitung lebih tinggi daripada t-tabel (4.6457 >2.576). Jadi dari penilitan ini dapat disimpulkan bahwa "Natural Approach memberikan pengaruh yang positif terhadap pengajaran kosakata pada siswa kelas 8 semester II SMPN Bulakamba 03 Brebes, tahun pelajaran 2007/2008.
PBI030 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain