Skripsi
Pengaruh Penggunaan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas XI IPS SMA Negeri I Bulakamba Kabupaten Brebes Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2008 / 2009
NAJARUDIN, 2009. NPM : 130500226. Judul skripsi " Pengaruh Penggunaan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas XI IPS SMA Negeri I Bulakamba Kabupaten Brebes Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2008 / 2009",
Kata Kunci : Multimedia, Hasil Belajar, Ekonomi.
Penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar tingkat pangaruh penggunaan multimedia terhadap hasil belajar Di Kelas XI IPS SMA Negeri I Bulakamba Kabupaten Brebes Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2008 / 2009.
Untuk mendukung kajian tersebut, maka beberapa konsep dikemukakan meliputi : pengertian Media, Fungsi dan manfaat Media, pembelajaran dan strategi pembelajaran dan Hakekat IPS Ekonomi.
Populasi dalam penelitian ini ditentukan, yaitu seluruh siswa kelas XI sejumlah 168 siswa dan sampelnya adalah 40 siswa Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas penggunaan multimedia pada mata pelajaran ekonomi dan variabel terikat Hasil belajar belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan kuesioner. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah statistik dengan rumus regresi sederhana.
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut : pelaksanaan pembelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes dengan menggunakan multimedia berpengaruh terhadap hasil belajar siswa karena melalui pembelajarn ini siswa dapat berfikir secara sistematis. Hal ini dibuktikan dengan rumus regresi linear sederhana. Dari penggunaan multimedia hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes yang ditunjukan adanya peningkatan nilai siswa sesudah menggunakan multimedia.
Secara menyakinkan dapat dikatakan penggunaan multimedia lebih menunjukan hasil belajar yang baik dalam arti kata : dapat diandalkan sebagai alat media pembelajaran yang baik.
PE09017 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain