Skripsi
Studi Korelasi antara Penggunaan Metode Ceramah Bervariasi dengan Prestasi Belajar PPKn Siswa di SD Negeri Dukuhtengah 04 Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009
ROHMANI, AHMAD. 2009. Studi Korelasi antara Penggunaan Metode Ceramah Bervaiasi dengan Prestasi Belajar PPKn Siswa di SD Negeri Dukuhtengah 04 Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dra. Mursyidah DH, SH., MH., Pembimbing II : Drs. Subiyanto, M.Pd.
Kata Kunci : Metode Ceramah Bervariasi, Prestasi Belajar.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Adakah korelasi yang signifikan antara penggunaan metode ceramah bervariasi dengan prestasi belajar PPKn siswa di SD Negeri Dukuhtengah 04 Kecamatan Ketanggungan tahun pelajaran 2008/2009 ? Tujuan yang hendak dicapai yaitu : untuk mengetahui apakah ada korelasi yang signifikan antara penggunaan metode ceramah bervariasi dengan prestasi belajar PPKn dan untuk mengetahui seberapa tingkat korelasi dari penggunaan metode ceramah bervariasi dengan prestasi belajar PPKn siswa di SD Negeri Dukuhtengah 04 Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2008/2009. Hipotesis dalam penelitian terdiri dari : Ada korelasi yang signifikan dari penggunaan metode ceramah bervariasi dengan prestasi belajar, dan terdapat korelasi yang cukup tinggi yang sangat menentukan dari penggunaan metode ceramah bervariasi dengan prestasi belajar PPKn.
Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode deskriptif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan metode ceramah bervariasi dan variabel terikatnya adalah prestasi belajar PPKn siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SD Negeri Dukuhtengah 04 Kecamatan Ketanggungan tahun pelajaran 2008/2009, yang berjumlah 301 siswa. Sampel penelitian yang diambil adalah seluruh siswa kelas V dan VI sejumlah 65 siswa dengan teknik non random sampling dengan purposive sampling atau teknik pengambilan sampel bertujuan. Metode pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi sebagai metode pokok, dan didukung metode bantu yaitu metode wawancara. Metode analisis data menggunakan analisis korelasi produkc moment.
Hasil analisis data diperoleh r hitung = 0,407 , jika dikonsultasikan dengan daftar nilai r product moment dengan N = 65 dan taraf sinifikansi 5 %, diperoleh r tabel = 0,244. Berarti r hitung ? 0,407 > r tabel 0,244. Dengan demikain hipotesis di atas diterima dan terdapat korelasi yang signifikan dari penggunaan metode ceramah bervariasi dengan prestasi belajar PPKn
Dari keterangan tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa: penggunaan metode ceramah bervariasi dengan metode-metode yang lain seperti metode tanya jawab, pemberian tugas, demontrasi, diskusi, permainan, kerja kelompok dan pemecahan masalah dalam proses pembelajaran di sekolah sangat baik dan cocok untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, khususnya mata pelajaran PPKn pada siswa sekolah dasar.
PPKN09001 | Tersedia | ||
PKN10009 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain