Skripsi
EFEKTIVITAS PENERAPAN CTL DALAM PENGAJARAN READING BAGI SISWA SEKOLAH DASAR KELAS VI
TRI MUGIARTI : Efektivitas Penerapan CTL dalam Pengajaran Reading bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. Sebuah Penelitian Eksperimen di SDN 04 Pedurungan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2008/2009. (2009) skripsi, program strata I. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tetang efektifitas pendekatan pembelajaran kontekstual dalam pengajaran reading pada siswa kelas VI SD selama semester 2 tahun pelajaran 2008/2009.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, dirumuskan hipotesis penelitian sebagai berikut : pendekatan CTL memberikan efek positif terhadap prestasi dalam pengajaran reading. Dengan kata lain, siswa yang diajar dengan CTL akan mendapatkan hasil prestasi dalam reading lebih baik daripada siswa yang tidak diajar dengan menggunakan CTL.
Populasi dari penelitian ini adalah siswa SD Negeri 04 Pedurungan Kabupaten Pemalang. Dengan jumlah populasi sebanyak 220. Penulis menggunakan teknik pemilihan secara acak untuk memilih sample penelitian. Jumlah sampel adalah 40 siswa. Terdiri dari 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok pengendali dan setiap kelompok terdiri dari 20 siswa. Kelompok eksperimen adalah siswa yang diajar dengan menggunakan CTL sebagai group pertama dan kelompok pengendali adalah siswa yang diajarkan menggunakan GTM sebagai group kedua.
Penulis menggunakan tes sebagai instrument penelitian. Tes tersebut membutuhkan waktu 45 menit, jenis tes yang diberikan adalah pilihan ganda dengan 4 pilihan A, B, C dan D. untuk mengetahui reliabilitas dan validitas dari instrument, penulis telah menguji cobakan instrumen dengan memberikan tes tersebut kepada 20 siswa yang memiliki kemampuan yang sama dengan sampel.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes reading yang diberikan pada sample penelitian selama semester 2. analisa data dari penelitian ini dihitung dengan rumus uji-t. berdasarkan hasil dari data analisis, t-hitung adalah 3,372 sedangkan dari tabel distribusi dengan derajat kebebasan (dk) 38 dan taraf signifikansi 5 % adalah 2,576 yang berarti t-hitung lebih besar daripada t-tabel (3,372 > 2,576). Ini berarti terdapat perbedaan penguasaan reading yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan CTL dan siswa yang diajar tanpa menggunakan CTL.
Berdasarkan hasil analisa data diatas, kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa " CTL memberikan efek positif pada penguasaan reading siswa kelas VI semester 2 SD Negeri 04 pedurungan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2008/2009.
PBI09050 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain