Skripsi
Teknik Pemeranan dalam Naskah Drama Cermin Kecoa dan Tanda Cinta karya Nano Riantiarno sebagai Bahan Pementasan Drama dan Implikasinya sebagai Bahan Pembelajaran Di SMA
PUJI ASTUTI SRI.2009. Teknik Pemeranan dalam Naskah Drama Cermin Kecoa dan Tanda Cinta karya Nano Riantiarno sebagai Bahan Pementasan Drama dan Implikasinya sebagai Materi Pembelajaran di SMA. Skripsi. Tegal.Program Strata 1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas pancasakti Tegal, Dra. Sri Mulyati, M.Pd, Drs. Tri Mulyono, M.Pd.
Kata Kunci : Teknik Pemeranan , Naskah Drama
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua hal, teknik pemeranan dan kemungkinan drama dapat dijadikan sebagai materi pembelajaran di SMA. Permasalahan yang muncul adalah bagaimana Penggunakan teknik pemeranan dalam pementasan drama Cermin Kecoa dan Tanda Cinta dan kemungkinanya drama tersebut dapat dijadikan sebagai materi pembelajaran di sekolah.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir, kajian yang digunakan meliputi : pengertian drama, jenis-jenis karya pentas selain drama, unsur-unsur drama, jenis-jenis drama, pengertian pemeranan, persiapan pemeranan, dasar pemeranan dan teknik pemeranan dalam seni teater. Alasan lain dalam pembelajaran drama belum didayagunakan secara maksimal dan seorang guru haruslah dapat menguasai teknik-teknik pengajaran drama dan dapat memilih, menentukan drama yang bisa dijadikan materi pembelajaran sastra disekolah dengan memperhatikan tuntutan kurikulum dan aspek-aspek lain.
Teknik Penelitian menggunakan pendekatan obyektif dan analisis data. Pendekatan obyektif memungkinkan hasil analisis data benar-benar obyektif terhadap teknik-teknik pemeranan, sedangkan teknik analisis data berfungsi untuk menganalisis teknik-teknik pemeranan untuk mendapatkan gambaran yang jelas dalam laporan penelitian ini. Hasil analisis data yang diperoleh kemudian dikaitkan dengan kemungkinan drama tersebut sebagai materi pembelajaran di sekolah.
Setelah mengusai semua teknik pemeranan dalam bermain drama maka seorang pemeran dapat memerankan tokoh dengan baik dalam sebuah pementasan. Teknik pemeranan dalam sebuah pementasan mencakup berbagai hal yang kajianya meliputi suara atau vocal ,respon atau tanggapan, sikap badan dan gerak yakin, teknik muncul, memberi isi, pengembangan dan membangun klimaks. Unsur-unsur teknik pemeranan di kaji untuk mengetahui gambaran seorang aktor dalam sebuah pementasan. Dengan menguasai teknik bermain drama, diharapkan dapat meningkatkan apresiasi siswa terhadap sastra terutama drama. Pemilihan meteri untuk bahan pembelajaran drama di SMA meliputi aspek penjelajahan, intepretasi, dan rekreasi.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menguasai teknik pemeranan maka seorang pemeran dapat memainkan karakter tokoh dengan baik, dan dapat meningkatkan apresiasi siswa terhadap karya sastra terutama drama
PBSID09020 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain