ttabel = 1,70 sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran meaningful learning dengan NLP lebih baik dari problem posing." />
Skripsi
Studi Komparasi Model Pembelajaran Meaningful Learning dengan NLP dan Problem Posing terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009
Sulistiyaningrum, Ratna. 2009. "Studi Komparasi Model Pembelajaran Meaningful Learning dengan NLP dan Problem Posing terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009". Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Model pembelajaran matematika, model meaningful learning dengan NLP, model problem posing dan prestasi belajar matematika.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 3 Kota Tegal tahun pelajaran 2008/2009 yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran meaningful learning dengan NLP dan problem posing serta untuk mengetahui model pembelajaran mana yang lebih baik diantara keduanya.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 267 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan sampel Kelas X.6 dan X.7 berjumlah 66 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi metode dokumentasi, observasi, dan tes prestasi belajar matematika.
Dalam penelitian ini, analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t dua pihak untuk menentukan ada tidaknya perbedaan antara kedua model pembelajaran tersebut dan Uji-t satu pihak untuk menentukan model pembelajaran yang lebih baik diantara kedua model pembelajaran tersebut. Dari perhitungan Uji-t dua pihak diperoleh thitung sebesar 1,74. Sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 66 dan dk = 64 didapat ttabel = -1,66 dan 1,66. Nilai thitung = 1,74 berada di luar daerah Ho sehingga dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Dari perhitungan Uji-t satu pihak diperoleh thitung sebesar = 2,24, sedangkan nilai ttabel dengan dk = 33 pada taraf signifikan 5% diperoleh 1,70, Nilai thitung = 2,24 > ttabel = 1,70 sehingga dapat dikatakan bahwa model pembelajaran meaningful learning dengan NLP lebih baik dari problem posing.
PMTK09001 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain