Skripsi
PEMBUATAN ALAT PERAGA KEMUDI SISTEM POWER STEERING
TEDY PURWANTO. 2009. PEMBUATAN ALAT PERAGA KEMUDI SISTEM POWER STEERING, Laporan Proyek Akhir, Jenjang Diploma III Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri, Universitas Pancasakti Tegal.
Kerja dari power steering adalah dengan cara membantu memperingan gaya belok roda depan dengan sistem hidrolis. Sistem power steering bekerjanya mengandalkan tekanan fluida, sehingga momen yang didapat besar. Sistem power steering ini mempunyai beberapa komponen utama yang terdiri dari tangki reservoir, vane pump, gear book, power piston, steering gear, pipa-pipa fluida dan selang-selang fleksibel. Power steering ada dua macam yang dipakai pada kendaraan-kendaraan berat maupun komersil yaitu Power steering tipe integral dan power steering tipe rack and pinion. Oleh sebab itu untuk lebih meningkatkan dalam proses pembelajaran, maka dibuatlah sebuah alat peraga sistem kemudi power steering. Tujuan dibuatnya alat peraga kemudi power steering adalah untuk mengetahui cara pembuatan alat peraga tersebut dan mengetahui cara kerja dari sistem power steering itu sendiri. Metode pengumpulan datanya antara lain dengan mengadakan observasi, studi pustaka, interview (wawancara) dan eksperimen. Sebagian juga mengambil dari panduan buku yang dimiliki oleh PT. Toyota Astra Motor dan beberapa sumber dari internet. Pembuatan alat peraga ini dimulai dari penyiapan bahan, perakitan rangka yang menggunakan besi profil dan besi persegi. Kemudian setelah semua di sambung menggunakan las busur listrik arus AC dengan kekuatan amper kurang lebih 90 amper. Langkah berikutnya memasang komponen sistem power steering, dimulai dari batang penggerak roda depan, pemasangan dinamo sebagai penggerak aliran oli power steering, pemasangan pompa oli (vane pump) dan reservoir tank, terakhir pemasangan batang kemudi dan setir mobil. Dari pembahasan yang kami lakukan setelah alat peraga diuji coba maka didapat hasil bahwa kerja dari sistem power steering itu sendiri adalah dengan memanfaatkan sistem kerja hidrolik dimana oli power steering yang berada di reservoir tank di pompa keluar oleh vane pump dengan bantuan putaran sebuah dinamo sebagai pengganti dari putaran mesin. Kemudian dialirkan melalui selang-selang saluran oli dilanjutkan ke katup pengatur aliran sampai nanti pada power cylinder, dimana proses tersebut secara sirkulasi selama kendaraan berjalan baik saat belok maupun berjalan stabil.
TM09001 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain