Skripsi
Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Kertas Warna Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Senilai Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri Sedesa Jatimulya Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009
SITI MUSABIKHAH. NPM : 1707501194. 2009. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Kertas Warna Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Senilai Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri Sedesa Jatimulya Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Alat Peraga Kertas Warna, Materi Pecahan Senilai, Prestasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa pada materi Pecahan Senilai yang dalam proses pembelajarannya menggunakan alat peraga kertas warna dengan hasil belajar siswa yang dalam pembelajarannya tanpa menggunakan alat peraga (konvensional) pada siswa kelas IV SD Negeri Sedesa Jatimulya Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009.
Populasi terdiri dari siswa kelas IV SD Negeri sedesa Jatimulya sejumlah 137 siswa. Sampel sebanyak 56 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan metode dokumentasi.
Analisis data menggunakan uji kesetaraan sampel, menentukan kesamaan dan uji prasyarat. Pada tahap awal dilakukan uji kesetaraan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan data nilai ulangan harian matematika kedua kelompok. Dengan taraf signifikan 5% disimpulkan siswa kedua kelas sampel mempunyai kemampuan yang setara. Uji pra syarat analisis pada data disimpulkan kedua data prestasi belajar matematika berdistribusi normal dan homogen.
Pada uji-t dua arah diperoleh thitung > ttabel. Berdasarkan daerah kriteria yang ditetapkan maka Ho ditolak dan sebaliknya Ha diterima. Sehingga kesimpulannya Ada perbedaan hasil belajar siswa pada materi Pecahan Senilai yang dalam proses pembelajaran menggunakan alat peraga kertas warna dengan hasil belajar siswa yang dalam pembelajarannya tanpa menggunakan alat peraga (konvensional).
PMTK09022 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain