Skripsi
Studi Komparasi Tingkat Kinerja Guru Berdasarkan Status Kepegawaian di SMK Karya Bhakti Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009
ARISTA, BAGUS DWI. NPM. 1307500412, Studi Komparasi Tingkat Kinerja Guru Berdasarkan Status Kepegawaian di SMK Karya Bhakti Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing: I. Dr. H. Basukiyatno, M.Pd., II. Drs. Budiyono.
Kata Kunci : Kinerja Guru, Status Kepegawaian dan Prestasi Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai tingkat kinerja guru berdasarkan status guru yang di mana tingkat kinerja guru dilihat berdasarkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif karena menggunakan angka-angka sebagai sumber pengelolaan datanya, dan ditunjang dengan studi kepustakaan sesuai dengan karakteristik yang diteliti dan data yang dikumpulkan. Populasi data dalam penelitian ini adalah guru SMK Karya Bhakti Brebes yang berjumlah 6 orang, yang dimana Guru PNS berjumlah 3 orang dan Guru Non-PNS berjumlah 3 orang. Untuk data prestasi belajar mengambil sampel siswa kelas 3 Program Akuntansi 2 (3AK2) dan Administrasi Perkantoran (AP) di SMK Karya Bhakti Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009.
Pengelolaan data dilakukan secara statistik dengan menggunakan rumus t-Test. Pengetesan signifikasi dilakukan terhadap hipotesa nihil (Ho), yang berbunyi " terdapat perbedaan yang signifikan terhadap variabel X1 dan variabel X2. Ho ditolak jika besaran tobservasi (to) lebih kecil dari pada t dalam tabel (tt). Adapun hasil penelitian menunjukan to = 0,65, Harga kritik tt adalah 5%= 2,00 dan 1%=2,65, maka harga to dibawah harga kritik.
Kesimpulannya adalah bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kinerja guru PNS dan Guru Non-PNS yang dilihat dari prestasi siswa didik di SMK Karya Bhakti Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009.
Walaupun terdapat perbedaan status kepegawaian, tetapi kinerja guru tetap sama hal ini dilihat dari prestasi belajar siswa. Agar tetap terjaga tingkat kinerja guru maka perlu di tingkatkan lagi kompetensi profesionalnya terutama mengikuti pelatihan dan prestasi akademik.
PE09001 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain