Skripsi
Pola Interaksi Verbal Percakapan antara Guru dan Siswa di SMP Negeri 1 Warurejo Tegal
SAMIYONO. 2009. Pola Interaksi Verbal Percakapan antara Guru dan Siswa di SMP Negeri 1 Warurejo Tegal. Skripsi. Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (PBSID). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Bowo Hermaji, M.Pd., Pembimbing II : Sutji Muljani, S.S., M.Hum.
Kata Kunci : pola interaksi verbal, percakapan
Kajian pola intraksi verbal yang digunakan oleh guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 1 Warurejo Kabupaten Tegal ini bertujuan : (1) mengidentifikasi bahasa dan model komunikasi yang digunakan oleh guru dan siswa dalam kegiatan interaksi belajar mengajar, 2) mendeskripsikan peran guru dan siswa dalam kegiatan interaksi belajar mengajar, dan (3) mengidentifikasi pola interaksi verbal dalam kegiatan interaksi belajar mengajar.
Ada tiga pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan fungsional (pendekatan pragmatik), dan pendekatan sosiologis. Data yang diambil dalam penelitian ini berupa data primer yang berasal dari percakapan atau interaksi verbal antara guru dan siswa di dalam pembelajaran di kelas, informasi situasi percakapan, dan informasi tentang latar belakang peserta percakapan (siswa dan guru). Pengambilan datanya dilakukan dengan metode simak sebagai teknik dasar dan teknik catat sebagai kelanjutannya.. Di samping itu, digunakan pula metode observasi partisipasi. Untuk menganalisis data yang telah terkumpul digunakan teknik deskripsi dengan ancangan analisis percakapan, khususnya yang berkaitan dengan pola interaksi verbal.
Berdasarkan analisis tersebut ditemukan bahwa bahasa yang digunakan untuk berinteraksi di kelas antara guru dan siswa adalah bahasa Indonesia. Penggunaan bahasa tersebut terkadang disertai dengan bahasa Jawa untuk memperjelas arti atau maksud. Model interaksi verbal yang digunakan dalam pembelajaran di kelas adalah model interaksional. Pola pertukaran yang terdapat di dalam 13 kegiatan interaksi pembelajaran di SMP Negeri 1 Warurejo Tegal adalah pola [I], pola [I-Ir], pola [I-T], pola [I-Tr-B], pola [I-T-B/I], pola [I-Ir-T-B], pola [I-T-I-T/I-T], dan pola [I-T/I-T/I-T/I-T], sedangkan pola [I-T/I-T-B] tidak ditemukan. Peran guru dan siswa dalam aktivitas interaksi pembelajaran mencerminkan partisipasi guru dan siswa.
Pola interaksi verbal dalam pembelajaran di kelas guna mengefektifkan kegiatan pembelajaran. Para guru atau pengajar dapat menerapkan salah satu pola interaksi verbal yang paling sesuai dan cocok dengan situasi pembelajaran di kelas. Bahkan bisa digunakan lebih dari pola interaksi dalam kegiatan pembelajaran.
PBSID09025 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain