Skripsi
Pengaruh Bentuk Pertanyaan Terhadap Pemahaman Isi Bacaan Pada Siswa Kelas IX MTs NU 01 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009
SURYANTO, M. NPM 1505500488 judul "Pengaruh Bentuk Pertanyaan Terhadap Pemahaman Isi Bacaan Pada Siswa Kelas IX MTs NU 01 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009". Pembimbing I Drs. Bowo Hermaji, M. Pd Pembimbing II Sutji Muljani, S.S., M. Hum.
Kata kunci : bentuk pertanyaan dan Pemahaman isi bacaan.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah berapa besar pemahaman siswa terhadap isi bacaan dengan menggunakan bentuk pertanyaan objektif pilihan ganda dan berapa besar pemahaman siswa terhadap isi bacaan dengan menggunakan bentuk pertanyaan subjektif pada siswa kelas IX MTs NU 01 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009.
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat baik secara teoritis maupun praktis. Secara teoritis penelitian ini dapat memberi manfaat yang lebih luas terhadap pengembangan ilmu behasa, khususnya pertanyaan terhadap pemahaman isi bacaan. Dan secara praktis penelitian ini dapat melatih siswa lebih teliti dalam menentukan jawaban, lebih cermat dalam memahami pertanyaan, menambah khasanah kata dan mengembangkan bentuk pertanyaan.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs NU 01 Suradadi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009. Percontoh yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 70 siswa yaitu keseluruhan dari populasi. Pengambilan percontoh dalam penelitian ini dilakukan secara keseluruhan. Variabel penelitian ini adalah variabel terikat yang terdiri atas dua sub variabel yaitu tes bentuk pertanyaan objektif pilihan ganda dan tes bentuk subjektif, dan variabel bebas adalah bacaan yang diberikan pada siswa. Adapun teknik pengambilan data dengan tes bentuk objektif pilihan ganda dan tes subjektif. Dan teknik analisis data menggunakan uji t.
Dari hasil analisis tersebut ditemukan hasil penelitian sebagai berikut. Bentuk pertanyaan objektif pilihan ganda pengaruh lebih besar terhadap kemampuan pemahaman isi bacaan kelas IX MTs NU 01 Suradadi Kabupaten Tegal dari pada pertanyaan subjektif.
Berdasarkan simpulan tersebut guru hendaknya memperhatikan bentuk pertanyaan dalam penilaian proses belajar mengajar pokok bahasan membaca. Selain itu dapat digunakan untuk melatih siswa dalam memahami isi bacaan. Sebaliknya siswa hendaknya lebih kreatif dalam menentukan jawaban dan lebih teliti dalam memahami pertanyaan terutama pada pertanyaan bentuk subjektif sehingga dapat lebih meningkatkan keterampilan menjawab pertanyaan isi bacaan.
PBSID09026 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain