2,663). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan Natural Approach memperoleh prestasi belajar bahasa Inggris yang lebih baik dibanding siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan yang lain." />
Skripsi
Pengaruh Penerapan Natural Approach Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Talang
FANI ASRIANTI. 2009. Pengaruh Penerapan Natural Approach Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII Semester II SMPN 2 Talang. Skripsi. Program Strata I (SI) Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Natural Approach, Prestasi belajar bahasa Inggris
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengajaran bahasa Inggris dengan menggunakan Natural Approach efektif untuk siswa kelas VIII semester II SMPN 2 Talang tahun pelajaran 2008-2009.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir, hipotesis penelitian ini dirumuskan sebagai berikut "Siswa yang diajar dengan menggunakan Natural Approach akan memperoleh hasil belajar yang lebih baik dibanding siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan yang lain."
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Talang yang berjumlah 252 siswa. Dari jumlah tersebut diambil sampel secara random sampling atau acak sebanyak 60 siswa yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok. Tiap kelompok terdiri dari 30 siswa. Kelompok I sebagai kelompok eksperimen yaitu siswa yang diajar dengan menggunakan Natural Approach. Kelompok II sebagai kelompok kontrol yaitu siswa yang diajar dengan pendekatan yang lain (pendekatan komunikatif).
Instrumen yang digunakan adalah tes bahasa Inggris yang terdiri dari 30 butir soal dengan empat pilihan jawaban. Untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen, penulis mengujicobakan instrumen dengan memberikan tes yang sama pada 30 siswa yang memiliki kemampuan yang sama dengan sampel penelitian.
Analisis data dari hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji-t. Dari perhitungan diperoleh t-hitung 3,369 dimana t-tabel dengan derajat kebebasan 58 pada taraf signifikansi 5% diperoleh harga t-tabel 2,663. Perbandingan tersebut membuktikan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel (3,369 > 2,663). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan Natural Approach memperoleh prestasi belajar bahasa Inggris yang lebih baik dibanding siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan yang lain.
PBI09001 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain