Skripsi
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar Kelas IV
SEPDIANTORO, RIZKI. "Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar Kelas IV (Suatu Penelitian Eksperimental di Sekolah Dasar Negeri se-Balaradin Kec. Lebaksiu, Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009)". Skripsi. 2009. Program Strata 1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, prestasi belajar bahasa Inggris.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap prestasi belajar bahasa Inggris pada siswa kelas IV.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, hipotesis penelitian ini adalah "penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh positif terhadap prestasi belajar bahasa Inggris pada siswa kelas IV. Dengan kata lain siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw akan memperoleh prestasi belajar bahasa Inggris yang lebih baik daripada siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (metode tanya jawab).
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV semester II SD Negeri sa-Balaradin Kec. Lebaksiu Kab. Tegal tahun pelajaran 2008/2009. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 siswa yang terbagi dalam dua kelompok, kelompok pertama adalah kelompok eksperimen terdiri dari 20 siswa dan kelompok kedua adalah pelompok pengendali yag terdiri dari 20 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak.
Data penelitian ini diperoleh dengan tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 items. Analisis untuk penelitian ini dilakukan dengan Uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan t-hitung 2,870 dan setelah dikonsultasikan ke t-tabel pada taraf signifikansi 5% maka diperoleh t-tabel 2,021. Hasil penelitian menunjukkan t-hitung lebih besar dari t-tabel, dengan demikian Hi diterima dan Ho ditolak.
Dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh positif terhadap kemampuan prestasi belajar bahasa Inggris pada siswa kelas IV semester II SD Negeri se-Balaradin Kec. Lebaksiu Kab. Tegal, tahun pelajaran 2008/2009.
PBI09002 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain