Skripsi
Studi Eksplorasi Kesulitan Belajar siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri I Kramat Kab. Tegal Tahun Pelajaran 2009/2009
Sri Wahyuningsih, 2009, Studi Eksplorasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009. Universitas Pancasakti
Kata Kunci : Studi Eksplorasi, Kesulitan Belajar
Sekolah sebagai lembaga penyelenggara pendidikan, guru sebagai tenaga pendidik sedangkan siswa sebagai orang yang sedang melakukan proses pembelajaran seharusnya saling bekerja sama untuk bisa meningkatkan hasil belajar sehingga sesuai dengan apa yang menjadi tujuan pendidikan nasional. Untuk itu dalam rangka meningkatkan hasil belajar harus juga diketahui faktor-faktor apa yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan mengenai kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS khususnya di SMA 1 Kramat Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2008/2009.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, hipotesis pada penelitian ini dapat dirumumuskan sebagai berikut : Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi adalah factor internal dan factor eksternal.
Penelitian ini disusun dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data melalui wawancara pengamatan/obesrvasi dan dokumen,. Sumber data primer diambil melalui wawancara dan observasi. Sedangkan sumber data sekunder diambil melalui dokumen yang ada di SMA Negeri 1 Kramat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kramat tahun pelajaran 2008/2009. Dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak 60 siswa dari 182 siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik "Snowball Sampling". Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini mengunakan trianggulasi. Langkah-langkah yang ditempuh adalah sajian data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Dari hasil analitis data yang ada faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi motivasi, minat dan intelegensia. Faktor eksternal meliputi lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Lingkungan sekolah adalah seluruh keadaan yang ada di sekolah baik yang dimiliki oleh sekolah maupun siswa. Keadaan gedung, sarana belajar, kurikulum, data guru dan data-data lain ayang ada kaitannya dengan penelitian adalah termasuk yang ada di lingkungan sekolah. Lingkungan keluarga adalah lingkungan keluarga masing-masing siswa yang menjadi sampel. Sedangkan lingkungan masyarakat adalah lingkungan tempat siswa berinteraksi dengan masyarakat luas. Hasil tersebut sudah berdasarkan standar-standar yang telah ditetapkan dalam penelitian ini.
PE09002 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain