Skripsi
Studi Eksplorasi Hambatan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS Ekonomi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri I Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2007/2008
EVA TRIYADI, 1307500417: Studi Eksplorasi Hambatan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS Ekonomi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri I Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2007/2008. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Studi Eksplorasi, Hambatan Belajar Siswa
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana dan sejauhmana peranan guru dan sekolah dalam mengatasi hambatan belajar siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi di SMP Negeri I Wanasari kabupaten Brebes.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana hambatan belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi dan bagaimana peranan guru dan sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran ekonomi di SMP Negeri I Wanasari Kabupaten Brebes.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri I Wanasari Kabupaten Brebes. Tahun Ajaran 2007/2008 dengan jumlah populasi 317 siswa yang dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 17 siswa yang mengalami hambatan belajar pada mata pelajaran IPS Ekonomi.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitiaan ini adalah metode observasi atau pengamatan, metode wawancara, dan metode dokumentasi.
Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa deskriptif kualitatif. Penelitian ini berusaha mendiskripsikan dan mencari hambatan belajar siswa dalam pembelajaran IPS Ekonomi di SMP Negeri I Wanasari Kabupaten Brebes.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hambatan yang dialami siswa SMP Negeri I Wanasari Kabupaten Brebes dalam pembelajaran ekonomi adalah hambatan yang disebabakan karena faktor bologis sebesar 11.7 %, faktor lingkungan 47 % dan faktor guru 41.1 %, secara keseluruhan mampu diatasi dengan baik. Dimana dalam hal ini guru dan sekolah mempunyai peranan yang sangat penting dalam menciptakan dan memelihara kondisi belajar siswa, sehingga tercipta pembelajaran yang cukup baik meskipun belum secara maksimal tercapai, artinya pihak sekolah dan guru harus dapat lebih meningkatkan kualitas dalam segi pembelajaran baik lewat alat atau bahan pembelajaran maupun metode yang digunakan oleh pendidik.
PE09003 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain