0,296 dengan demikian angket tersebut reliabilitasnya tinggi. Analisis statistik menghasilkan angka 0,4825 dan bila dihubungkan dengan tabel taraf signifikasi r Product Moment (N) = 76, 1% = 0,296 maka angka perhitungan statistik 0,4825 lebih besar dari taraf signifikasi 1% (0,296), maka hipotesis kerja diterima artinya ada hubungan antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009. Saran yang diberikan dari penulis yaitu untuk orang tua diharapkan dapat menciptakan kondisi lingkungan keluarga yang mendukung dalam peningkatan belajar siswa,untuk guru pengampu mata pelajaran ekonomi diharapkan dapat lebih bak lagi dalam penyampaian materi serta pemberian motivasi untuk siswa." />
Skripsi
Hubungan Antara Lingkungan Keluarga Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009
SITI SUAENI, 2009: "Hubungan Antara Lingkungan Keluarga Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009".
Kata Kunci : Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran Ekonomi.
Lingkungan keluarga memiliki hubungan yang sangat erat dengan prestasi belajar. Keadaan lingkungan keluarga sangat mempengaruhi dalam pembentukan sikap dan proses berfikir siswa. Indikator lingkungan keluarga tersebut antara lain jenis pekerjaan orang tua, tingkat penghasilan orang tua, tingkat pendidikan orang tua, motivasi dari orang tua, ketersediaan fasilitas belajar di rumah, jumlah waktu belajar di rumah serta keterlibatan anak dalam pekerjaan orang tua.
Atas dasar pengamatan yang penulis lakukan, ternyata masih banyak hambatan dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Warureja khususnya pada mata pelajaran Ekonomi sehingga sangat mempengaruhi prestasi yang dicapai siswa. Dari permasalahan tersebut, penulis mengadakan suatu penelitian Hubungan Antara Lingkungan Keluarga Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009. jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 76 siswa, keseluruhan populasi tersebut diambil sebagai sampel dengan menggunakan metode angket dan metode dokumentasi.
Untuk menguji reliabilitasnya, angket di uji cobakan pada kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2. hasil uji reliabilitasnya r1,1 = 0,78, (N) = 76 dan dihubungkan dengan taraf signifikasi 1% = 0,296 maka hasil uji coba angket = 0,78 > 0,296 dengan demikian angket tersebut reliabilitasnya tinggi.
Analisis statistik menghasilkan angka 0,4825 dan bila dihubungkan dengan tabel taraf signifikasi r Product Moment (N) = 76, 1% = 0,296 maka angka perhitungan statistik 0,4825 lebih besar dari taraf signifikasi 1% (0,296), maka hipotesis kerja diterima artinya ada hubungan antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009.
Saran yang diberikan dari penulis yaitu untuk orang tua diharapkan dapat menciptakan kondisi lingkungan keluarga yang mendukung dalam peningkatan belajar siswa,untuk guru pengampu mata pelajaran ekonomi diharapkan dapat lebih bak lagi dalam penyampaian materi serta pemberian motivasi untuk siswa.
PE09004 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain