Skripsi
Nilai Ketakwaan dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye Dan Imlikasinya terhadap Pembelajaran Sastra Di SMP
NAPSIAH NPM.1507500896. 2009. "Nilai Ketakwaan dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye Dan Imlikasinya terhadap Pembelajaran Sastra Di SMP." Skripsi Program Studi PBSID, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dra. Sri Mulyati, M.Pd. dan pembimbing II Muhammad Sulaiman, S.S.,M.Hum.
Kata Kunci : Nilai Ketakwaan, Novel, Pembelajaran Sastra
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "bagaimana nilai ketakwaan dalam novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye?" dan "bagaimana implikasinya terhadap pengajaran nilai ketakwaan dalam novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye di SMP?"
Tujuan penelitian ini adalah "mendeskripsikan nilai ketakwaan dalam novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye " dan "mendeskripsikan implikasi pengajaran nilai ketakwaan dalam novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye di SMP"
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi dan metode analisis dengan pendekatan struktural atau pendekatan objektif, yaitu melihat struktur novel dengan mengidentifikasi, mengkaji, mendeskripsikan unsur-unsur yang ada dalam novel, yang meliputi tema, tokoh dan penokohan, alur, sudut pandang, latar, dan bahasa.
Semua penelitian ini adalah yang terdapat dalam novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye, yang terdiri dari 248 halaman.
Tehnik analisis data, penulis meneliti dari kenyataan yang ada kemudian menghubungkan dengan ilmu sastra yang berkaitan dengan proses pengajaran apresiasi sastra (novel). Penelitian ini diawali dari nilai ketakwaan yang ada dalam struktur novel Hafalan Shalat Delisa karya Tere Liye.Dilanjutkan menganalisis struktur novel Hafalan Shalat Delisa,untuk meyakinkan nilai ketakwaan yang ada dalam novel Hafalan Shalat Delisa. Setelah itu hasil tersebut kemudian diterapkan dalam pengajaran di SMP.
Dari hasil pembahasan dapat diketahui bahwa untuk pembelajaran nilai ketakwaan dalam struktur novel Hafalan Shalat Delisa di SMP terimplikasi dalam kurikulum 2004. kurikulum 2004 mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah belajar komunikasi, belajar sastra adalah apresiasi. Kelas VIII semester 2 Standar Kompetensi memahami unsur instrinsik novel remaja.
PBSID09032 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain