Skripsi
Tindak Tutur Perlokusi Wacana Iklan Obat di Televisi dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP
LIDYA ASTUTI, SERLY 2009. NPM 1505500522 "Tindak Tutur Perlokusi Wacana Iklan Obat di Televisi dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP". Skripsi. Progdi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Bowo Hermaji, M.Pd. dan Pembimbing II Sutji
Muljani, S.S.M.Hum.
Kata Kunci: Tindak tutur perlokusi, iklan obat di televisi, Pembelajaran.
Penelitian ini berjudul "Tindak Tutur Perlokusi Wacana Iklan Obat di Televisi dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP".
Pemasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana wujud tindak tutur perlokusi wacana iklan obat di televisi dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP.
Tujuan penelitian mendeskripsikan wujud tindak tutur perokusi wacana iklan obat di televisi dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP.
Manfaat penelitian ada dua yaitu manfaat praktis bagi siswa pelajaran bahasa Indonesia, dibidang pragmatik khususnya tindak tutur perlokusi, penelitian ini dapat menjadi sumber belajar yang sangat berguna untuk menambah ilmu bidang kebahasaan. Dengan demikian, penelitian ini akan lebih meningkatkan keterampilan berbahasa siswa, terutama ketrampilan menyimak Sedangkan manfaat teoretis dapat menambah khasanah pengetahuan bahasa iklan serta menambah kajian tindak tutur perlokusi.
Metode penelitian ini adalah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Datanya adalah tuturan yang merupakan tindak tutur perlokusi dalam wacana iklan obat di televisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak, teknik rekam, dan teknik catat. Teknik simak yang dimaksud adalah menyimak tuturan yang terdapat dalam wacana iklan obat di televisi, teknik rekam yang dimaksud adalah merekam tuturan yang terdapat dalam wacana iklan obat di televisi setelah menyimak tuturan iklan tersebut, dan teknik catat yang dimaksud adalah mencatat hasil tuturan yang terdapat dalam wacana iklan obat di televisi setelah merekam tuturan ikalan obat tersebut. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode padan, yaitu alat penentunya di luar, terlepas dan tidak menjadi bagian dari bahasa yang bersangkutan. Sedangkan metode penyajian hasil analisis menggunakan metode informal karena datanya berupa tuturan.
Berdasarkan analisis tindak tutur perlokusi wacana iklan obat di televisi ada dua yaitu tindak tutur perlokusi langsung yang bermodus deklaratif, imperatif, dan interogatif. Tindak tutur perlokusi tidak langsung yang bermodus imperatif. Sedangkan implikasinya pada penelitian ini menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mennyimak iklan.
PBSID09035 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain