Skripsi
Pengaruh Metode Pembelajaran Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Membaca Pada Siswa Kelas VIII SMP N 3 Tegal Tahun Pelajaran 2008 / 2009
Puspita Ratna. NPM : 150 5500 494. 2009. Pengaruh Metode Pembelajaran Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII :
Suatu penelitian eksperimen di SMP N 3 Tegal Tahun Pelajaran 2008 / 2009. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Metode Kontekstual, Prestasi Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengrtahui apakah pembelajaran kontekstual berpengaruh positif terhadap prestasi belajae membaca siswa kelas VIII SMP N3Tegal pada tahun pelajaran 2008 / 2009.
Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir dapat dirumuskan hipotesis sebagai berikut : Pendekatan pembelajaran kontekstual memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar membaca siswa kelas VIII sebanyak 80 siswa sedangkan sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling sejumlah 80 siswa, dibagi menjadi dua kelompok. 40 siswa untuk kelas eksperimen dan 40 siswa lainya kelas kontrol.
Data penelitian diperoleh dari hasil tes membaca dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 40 soal. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t independen. Dari perhitungan uji-t independen diperoleh hasil 2.36 dan taraf signifikan 5% diperoleh t-tabel 1.70 berarti t-hitung lebih besar dari pada t-tabel (2.36 > 1.70).
Dari perhitungan tersebut menunjukan bahwa ada perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode kontekstual dengan siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual berpengaruh positif terhadap prestasi belajar membaca pada siswa kelas VIII SMP N 3 Tegal tahun pelajaran 2008 / 2009.
Denagn hasil penelitian diharapkan kontekstual dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk dapat meningkatkan prestasi belajar membaca siswa kelas VIII.
PBSID09036 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain