Skripsi
Penerapan Cooperative Learning Tipe STAD ( Student Teams Achievement Divisions ) Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika
Noor Fatoni, NPM : 1707501198. Penerapan Cooperative Learning Tipe STAD ( Student Teams Achievement Divisions ) Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika " ( Suatu Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII B dan VIII E SMP Negeri 1 Wanasari Brebes Tahun Pelajaran 2008/2009 Pokok Materi Bangun Ruang Sisi Datar ). Hj. Isnani, M.Si pembimbing I dan KRT. Purwo Susongko, M.Pd pembimbing II.
Kata Kunci : STAD, Aktifitas, Prestasi, Matematika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII B dan VIII E SMP Negeri I Wanasari Brebes tahun pelajaran 2008/2009 melalui penerapan pembelajaran model Cooperative Learning Tipe STAD ( Student Teams Achievement Divisions ) pada pokok materi Bangun Ruang Sisi Datar.
Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Taggart dimana prosedur penelitian dirancang dalam dua siklus, sedemikian sehingga setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi serta membahas satu materi pokok yaitu bangun ruang sisi datar. Subyek penelitian dua kelas dari sembilan kelas yang ada yaitu kelas VIII B dan VIII E dan jenis data yang diambil adalah data kualitatif yang diperoleh dari lembar observasi, nilai tugas individual, nilai tes/kuis, hasil pengamatan dan refleksi.
Dari hasil penelitian setelah dua siklus diberikan terjadi peningkatan aktifitas belajar siswa dan prestasi hasil belajarnya, dimana secara klasikal prosentase hasil prestasi belajar matematika siswa kelas penelitian memperoleh nilai diatas batas atau sama dengan batas KKM pada siklus I mengalami peningkatan yang baik dari pembelajaran sebelumnya dan meningkat menjadi lebih baik setelah siswa diberikan tindakan pada siklus II dengan ketercapaian prestasi belajar sebagaimana yang diharapkan. Disamping itu, dengan pembelajaran model STAD dapat melatih siswa dalam mengembangkan sikap berfikir kritis, berani bertanya dan berpendapat.
PMTK09002 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain