Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A MTs. NU Wahid Hasyim Talang Dalam Pokok Bahasan Persamaan Linear Satu Varianel.
MU'TASIMBILLAH, 2009. NPM : 1707501207. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII A MTs. NU Wahid Hasyim Talang Dalam Pokok Bahasan Persamaan Linear Satu Varianel.
Kata Kunci : Jigsaw, Aktifitas, Hasil Belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam menyelesaikan soal tentang Persamaan Linear Satu Variabel dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian dengan mengumpulkan nilai kerja individu, kelompok dan observasi. Tolok ukur keberhasilan penelitian tindakan kelas ini apabila nilai hasil belajar siswa rata-rata mencapai minimal 75 dan secara klasikal apabila hasil ketuntasan belajar dan aktifitas siswa mencapai 75%.
Hasil belajar yang diperoleh setelah dilakukan penelitian tindakan kelas dalam pokok bahasan Persamaan Linear Satu Variabel melalui model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk kelas VII A pada siklus I nilai rata-rata kelas 72.72 dan ketuntasan hasil belajar secara klasikal 50% sehingga perlu tindakan perbaikan pada siklus II. Berdasarkan pengamatan terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II dengan nilai rata-rata 75.15 dan ketuntasan hasil belajar secara klasikal baru mencapai 68.42 %, sehingga perlu tindakan perbaikan lagi pada siklus III. Berdasar pengamatan hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 75.37 dengan ketuntasan hasil belajar 78.94 % dan telah memenuhi standar ketuntasan belajar yaitu nilai hasil belajar siswa rata-rata mencapai minimal 75 dan secara klasikal apabila hasil ketuntasan belajar siswa mencapai 75%.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw hasil belajar siswa kelas VII A MTs. NU Wahid Hasyim Talang dalam pokok bahasan Persamaan Linear Satu Variabel meningkat. Oleh karena itu disarankan agar guru MTs. NU Wahid Hasyim Talang sebagai alternatif lain dalam menyampaikan materi pembelajaran menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw.
PMTK09003 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain