Skripsi
Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pemalang pada Semester 2 Tahun Pelajaran 2008/2009 dengan Peningkatan Intensitas Pemberian Tugas.
Pujowati. 2009. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pemalang pada Semester 2 Tahun Pelajaran 2008/2009 dengan Peningkatan Intensitas Pemberian Tugas. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan dan Ilmu Kependidikan. Universitas Pancasakti. Tegal
Kata kunci : prestasi belajar, intensitas pemberian tugas.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah tindakan pemberian peningkatan intensitas tugas pada siswa membawa pengaruh positif pada kemampuan dan pemahaman siswa kelas VIII dalam pencapaian nilai prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Pemalang semester 2 tahun pelajaran 2008/2009.
Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas VIIIA - VIIIF SMP Negeri 1 Pemalang pada semester genap Tahun Pelajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa 255 siswa. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam 2 siklus yang dilakukan pada kurun waktu bulan April sampai dengan bulan Mei 2009. Siklus
Pada Siklus I, Secara klasikal, terdapat tiga (3) kelas yang belum mencapai nilai ketuntasan minimum (KKM=6,2), yaitu kelas VIIIC, VIIIE dan VIIIF. Apabila kita melihat lebih teliti kelas per kelas, maka akan nampak bahwa jumlah siswa yang telah mencapai KKM masih diatas 10%. Jumlah yang mengindikasikan bahwa perlakuan dalam penelitian berdampak positif terhadap peningkatan prestasi. Ada dua (2) kelas yang perlu dicermati, yaitu pada kelas VIID dan VIIIE. Pada kelas VIIID, walau secara klasikal telah mencapai KKM, tetapi jumlah siswa yang mencapai KKM masih sangat sedikit (33,3%). Dengan hasil prestasi belajar siswa pada Siklus I yang demikian, maka penelitian perlu melakukan Siklus II, sebagai langkah perbaikan pada siklus I. Pada Siklus II, Secara klasikal, keenam kelas telah mencapai nilai ketuntasan minimum (KKM=6,2). keenam (6) kelas telah menunjukkan kenaikan nilai yang cukup berarti dengan catatan. Pertama, kelas VIIIB, VIIIC dan VIIID walaupun nilai rata-rata kelas telah mengalami kenaikan tetapi jumlah siswa yang belum tuntas masih di atas 10%. Memang angka persentase yang belum tuntas telah banyak mengalami kenaikan yang sangat baik, tetapi masih di atas 10%. Kedua, Kelas VIIIE dan VIIIF menunjukkan kinerja kelas yang baik, yang ditunjukkan dari perolehan nilai rata-rata yang naik cukup berarti dibandingkan siklus I dengan jumlah siswa yang belum tuntas telah di bawah 10% (kelas VIIIE 7% dan VIIIF 5%)
PMTK09004 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain