Skripsi
HUBUNGAN PELAYANAN DAN TINGKAT SUKU BUNGA DENGAN KEPUASAN NASABAH PADA PD. BKK KEDUNGBANTENG
ERNY DWI HIDAYATI. NPM 4105502371. HUBUNGAN PELAYANAN DAN TINGKAT SUKU BUNGA DENGAN KEPUASAN NASABAH PADA PD. BKK KEDUNGBANTENG ; SKRIPSI. TEGAL : FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL 2009.
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan antara pelayanan dengan kepuasan nasabah, bagaimana hubungan antara tingkat suku bunga dengan kepuasan nasabah, bagaimana hubungan antara pelayanan dan tingkat suku bunga secara bersama- sama dengan kepuasan nasabah.
Dengan latar belakang dan tujuan penelitian maka diambil suatu hipotesis: "Diduga ada hubungan yang kuat antara pelayanan dengan kepuasan nasabah, diduga ada hubungan yang kuat antara tingkat suku bunga dengan kepuasan nasabah dan diduga ada hubungan yang kuat antara pelayanan dan tingkat suku bunga secara bersama-sama dengan kepuasan nasabah.
Metode penelitian yang digunakan antara lain data primer dan data sekunder. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis korelasi parsial, regresi linier berganda, analisis korelasi berganda ,uji koefiensi korelasi parsial (uji t), dan uji koefisiensi korelasi berganda (uji f).
Dari perhitungan analisis korelasi parsial diperoleh nilai Ry12 sebesar 0.419 artinya hubungan antara pelayanan dengan kepuasan nasabah sedang (moderat) dengan menganggap tingkat suku bunga konstan dan Ry21 sebesar -0,159 artinya hubungan antara tingkat suku bunga dengan kepuasan nasabah lemah negatif dengan menganggap pelayanan konstan. analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y= 19,893+0,617x1-0,222x2 . Nilai a sebesar 19.693 artinya pelayanan dan tingkat suku bunga mempunyai hubungan positif dengan kepuasan nasabah, nilai b1 sebesar 0,617 artinya hubungan antara pelayanan dengan kepuasan nasabah adalah positif, nilai b2 -0,222 artinya hubungan antara tingkat suku bunga dengan kepuasan nasabah adalah negatif.
Dari perhitungan Korelasi berganda diperoleh nilai r sebesar 0,505 artinya hubungan antara pelayanan dan tingkat suku bunga dengan kepuasan nasabah secara bersama- sama sedang.
Dari uji koefisiensi diperoleh nilai t1 = 3,453 dan t2 = -1,205 sedangkan derajat kepercayaan 95% (5%) dengan pengujian dua sisi (t tabel 2,0017), dengan demikian pelayanan dengan kepuasan nasabah mempunyai hubungan yang signifikan. Dari uji f diperoleh f hitung 6,504 dan f tabel 3,1588 menunjukkan bahwa antara pelayanan dan tingkat suku bunga dengan kepuasan nasabah terdapat adanya hubungan yang erat.
MP09011 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain