Skripsi
Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika melalui Metode Drill (Latihan Berjenjang) pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat (Studi terhadap siswa kelas VII Semester Gasal MTs Negeri Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009)
Asropah, 2009 .Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika melalui Metode Drill (Latihan Berjenjang) pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat (Studi terhadap siswa kelas VII Semester Gasal MTs Negeri Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2008/2009). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : peningkatan, prestasi, matematika, metode drill.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah penggunaan metode drill (latihan berjenjang) pada Pokok bahasan Bilangan Bulat dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode observasi. Subyek penelitian sebanyak 40 responden, menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi langsung, untuk menjaring data pendukung berkenaan dengan perhatian, keaktifan dan keberanian siswa maju ke depan kelas. Sedangkan data pendukung variable X dan Y, dilakukan melalui ulangan harian tugas individu dan tugas kelompokserta pekerjaan rumah (PR) yang diperoleh dari siklus I dan siklus II.
Data penelitian yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan teknik analisa statistik deskriptif dan inferensial. Pada siklus pertama keaktifan dan kemandirian siswa sudah terlihat cukup walaupun belum menunjukkan angka yang memuaskan, karena anak belum terbiasa bekerja sendiri, menemukan, dan mengalami sendiri. Pada siklus pertama nilai rata-rata belum mencapai target ketuntasan, tetapi respon terhadap metode drill cukup baik.Sedangkan pada siklus kedua, peningkatan terutama terlihat pada keaktifan dan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Siswa menjadi lebih berani maju ke depan mengerjakan soal latihan. Ketuntasan belajar siswa baik secara individual maupun klasikal, melebihi target yang ditetapkan.
PMTK09005 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain