2,660). Jadi dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa cerpen berbahasa Inggris memberikan pengaruh positif terhadap pengajaran kemampuan membaca siswa kelas VIII SMP Negeri 03 Wanasari tahun pelajaran 2008/2009." />
Skripsi
Pengaruh Penggunaan Cerpen Berbahasa Inggris sebagai Materi Ajar terhadap Kemampuan Memahami Teks Berbahasa Inggris Siswa SMP Kelas VIII (Studi Eksperimental pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 03 Wanasari Tahun Pelajaran 2008/2009)
ITA RAHMAWATI: "Pengaruh Penggunaan Cerpen Berbahasa Inggris sebagai Materi Bahan Ajar terhadap Kemampuan Memahami Teks Berbahasa Inggris Siswa SMP Kelas VIII (Sebuah Peneliaian Eksperimental pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 03 Wanasari Tahun Pelajaran 2008/2009)". Skripsi. Program Strata I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci : Cerpen berbahasa Inggris, kemampuan membaca/memahami teks berbahasa Inggris, siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan cerpen berbahasa Inggris terhadap prestasi belajar siswa pada pengajaran kemampuan membaca siswa kelas VIII selama semester II tahun pelajaran 2008/2009. Berdasarkan landasan teori dan kerangka berfikir, dirumuskan hipotesis sebagai berikut : Cerpen memberikan efek positif terhadap prestasi dalam pengajaran kemampuan membaca. Dengan kata lain siswa yang diajar dengan cerpen berbahasa Inggris akan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik daripada siswa yang diajar dengan menggunakan cerita bergambar berbahasa Inggris.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 03 Wanasari dengan populasi sebanyak 202 siswa. Penulis menggunakan teknik pemilihan secara acak untuk memilih sampel penelitian, jumlah sampel penelitian adalah 60 siswa, terdiri dari dua kelompok yakni kelompok eksperimen dan kelompok pengendali, tiap kelompok terdiri dari 30 siswa. Kelompok eksperimen adalah siswa yang diajar dengan menggunakan cerpen berbahasa Inggris dan kelompok pengendali adalah siswa yang diajar dengan menggunakan cerita bergambar berbahasa Inggris. Penulis menggunakan tes sebagai instrumen penelitian. Tes tersebut membutuhkan waktu 60 menit, jenis tes yang diberikan adalah pilihan ganda dengan 4 pilihan A, B, C, dan D untuk mengetahui validitas dan reliabilitas.
Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes membaca yang dikerjakan oleh sampel penelitian semester dua. Analisa penelitian ini dilakukan dengan uji-t. Dari hasil analisa menunjukkan bahwa t-hitung adalah 3,384 sedangkan t-tabel (3,384 > 2,660). Jadi dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa cerpen berbahasa Inggris memberikan pengaruh positif terhadap pengajaran kemampuan membaca siswa kelas VIII SMP Negeri 03 Wanasari tahun pelajaran 2008/2009.
PBI09006 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain